Puasa Penting Sebelum Tes Darah

puasa penting sebelum tes darahSebelum melakukan tes kesehatan seperti mengetahui kadar kolesterol sebelum makan dan sesudah makan, tes urine sebelum dan sesudah makan, perlu dilakukan yang namanya puasa. Puasa penting sebelum tes darah karena akan membantu memberikan keakuratan hasil. Puasa penting sebelum tes darah jika tidak dilakukan sama dengan percuma melakukan tes kesehatan.

Mengapa Puasa Penting Sebelum Tes Darah

Makanan yang kita makan akan berdampak pada aliran darah kita, aliran darah kita dinyatakan valid untuk cek darah dan tidak terpengaruh dari tingkat glukosa, lemak dan besi jika kita berpuasa selama 10 jam bahkan 12 jam. Untuk cek kadar gula dalam darah atau glukosa cukup dilakukan puasa penting sebelum cek darah sebalam 8 jam.

Apa saja sih yang diwajibkan untuk menjalankan puasa penting sebelum cek darah?

  • Pemeriksaan Urea dan asam urat
  • Pemeriksaan Kolesterol
  • Pemeriksaan Gula

Puasa penting sebelum cek darah hanya puasa makanan tetapi kita masih boleh minum air putih. Tidak air yang mengandung gula, pemanis buatan dan kandungan lainnya dalam air. Hanya airputih yang diperbolehkan. Jika Anda melanggar dan sengaja minum minuman selain air putih Anda wajib melakukan puasa dari awal. Air putih membantu kita agar kita tidak terdehidrasi tetapi tidak memberikan dampak negatif terhadap hasil.

2. Berapa lama sebaiknya Anda berpuasa?

Puasa penting sebelum melakukan cek darah yang dianjurkan adalah 8-12 jam tergantung dari apa yang akan di tes. Kandungan dalam darah kita akan valid jika tidak terkontaminasi dari makanan selama beberapa waktu. Tetapi jika Anda mengalami gangguan fisik jika Anda harus melakukan puasa penting sebelum cek darah selama 8-12 jam, Anda harus mengkonsultasikan keadaan Anda dengan dokter atau perawat.

puasa penting sebelum tes darah

3. Berhenti Mengkonsumi Obat yang memiliki efek samping terhadap hasil.

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat tertentu sangat diwajibkan untuk melapor kepada petugas lab sebelum Anda menjalankan puasa penting sebelum cek darah. Ada beberapa obat yang dapat menaikan kadar kolestrol dalam darah dan obat itu wajib diminum karena suatu masalah tertentu pada tubuh Anda. Jika Anda lapor, maka petugas lab akan memberikan validasi pada hasil yang didapat nantinya.

4. Jam berapa waktu ideal untuk melakukan pemeriksaan

Menurut penelitian setelah kita tidur atau beristirahat malam kurang lebih 8 jam, tubuh kita mengalami reaksi biologis dengan waktu. Berhubungan dengan kadar analit, pemerikasaan akan menghasilkan hasil yang berbeda antara tes pagi hari dan tes sore hari. Biasanya waktu terbaik adalah di pagi hari antara jam 7.00 – 9.00. Namun ada baiknya Anda mengkonsultasikan kepada dokter atau petugas lab mengenai waktu terbaik yang digunakan untuk memperoleh hasil yang maximal.