Hal yang perlu diketahui dari Stetoskop

stetoskop
stetoskop

Awal mula stetoskop adalah tabung kayu kosong yang digunakan untuk mendengarkan detak jantung tanpa harus meletakan telinga di buah dada wanita Perancis. Stetoskop sendiri ditemukan oleh René-Théophile-Hyacinthe Laennec pada tahun 1816 di Perancis. Masih tidak jelas alasan mengapa Laennec menggunakan ini, mungkin untuk membuat pasien tidak merasa malu, masih belum jelas alasan pastinya. Namun dengan adanya suatu kebutuhan maka terciptalah suatu penemuan.

Stetoskop hardir dengan 2 tipe yang dapat digunakan yakni tipe akustik dan tipe elektronik.

Stetoskop akustik

Stetoskop ini adalah yang paling umum digunakan dengan menggunakan tabung kosong bersisi udara yang berguna mentransfer suara dari bagian dada ke telinga pendengar. Pada bagian yang ditempelkan ke dada biasanya terdiri dari 2 sisi untuk memperjelas suara organ yang berada didalam tubuh pasien. 2 bagian tersebut adalah diphhgram atau disk plastic dan mangkok kosong (bell). Stetoskop ini ditemukan oleh Rappaport dan Sprague pada awal abad ke-20

Bila diaphgram diletakkan di pasien, suara tubuh menggetarkan diaphgram, menciptakan tekanan gelombang akustik yang berjalan sampai ke tube ke telinga pendengar. Stetoskop ini memiliki kekurangan pada suara yang sangat tipis terdengar. Karena frekuensi suara yang rendah maka sulit untuk melakukan diagnosa terhadap penyakit pasien.

Stetoskop elektronik

Menyikapi adanya frekuensi rendah pada stetoskop akustik, ada beberapa perusahaan menawarkan stetoskop elektronik yang memungkin mendengarkan suara dari dalam tubuh pasien dengan frekuensi yang lebih tinggi. Kemungkinan beberapa tahun kedepan stetoskop elektronik akan menjadi stetoskop yang umum digunakan layaknya tipe akustik

Stetoskop sering dijadikan symbol untuk para dokter yang kerap kali mendiagnosa penyakit pasien dari suara detak jantung dan suara-suara lain yang berkaitan dengan penyakit pasien. Selain itu stetoskop juga kerap digunakan untuk mendengarkan suara pada mesin.

Stetoskop yang kerap dijual di pasaran terdiri dari berbagai merk dan harga yang bisa terpaut sangat jauh antara merk satu dan lainnya. Untuk stetoskop ekonomis bisa menggunakan antara lain SPYGMED, SPECTRUM ABN. Untuk merk stetoskop dengan harga eksklusif antara lain Litmann, ERKA, Riester. Kualitas bahan sangat berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan.