Kegunaan Masker Di Kehidupan Sehari-Hari

Masker sekali pakai
Surgical Masker

Pertama-tama perlu dijelaskan sekali lagi masker yang akan dijelaskan bukan masker kecantikan yang seperti anda jumpai di klinik kecantikan. Masker yang akan kita ulas adalah masker anti debu. Tentunya bagi pejalan kaki dan pengendara kendaraan roda dua patut mencermati artikel ini dengan baik.

Di udara bebas dewasa ini telah terdapat lebih dari 1800 mikroba yang bertebaran dengan bebas. Dari ribuan jenis mikroba tersebut terdapat diantaranya menyerang manusia dan jika sistem kekebalan manusia sedang drop maka bisa tertular dengan penyakit yang dibawa oleh mikroba tersebut. Masker yang biasa digunakan akan adalah masker kain karena masker kain dapat di cuci dan dipakai berulang-ulang. Namun kita disini akan membahas Surgical Mask dimana terdapat 3 lapisan pada masker ini. Masker ini tidak disarankan untuk dipakai lebih dari 1 kali, masker tipe surgical diciptakan untuk dipakai 1 kali saja. Mengapa?

Surgical Mask atau sering dikenal dengan masker operasi biasa dipakai di rumah sakit. Kata Surgical sendiri bermakna pembedahan. Proses pembedahan di rumah sakit biasa di lakukan di ruangan yang steril dimana tidak boleh ada bakteri yang keluar dari mulut manusia termasuk dokternya sendiri. 3 lapisan pada masker digunakan untuk menyaring bakteri dari luar namun begitu 3 lapisan itu sudah tertempel bakteri dan kuman jika anda memakai 1 hari penuh. Jika kita mencuci masker tersebut maka pori-pori dari masker yang sudah rapat karena tercetak dari pabrik akan meregang sehingga filter pada masker tidak bekerja dengan baik lagi.

Memakai masker pada daerah yang memiliki tingkat kuman dan bakteri tinggi hanya berpengaruh 20 persen saja. Namun langkah memakai masker sudah merupakan usaha untuk menangkal kuman dan bakteri yang bisa saja masuk ke dalam tubuh kita. Surgical mask bisa menangkal partikel yang berukuran lebih besar dari 10 mikron. Ada juga tipe masker yang menangkal kuman atau bakteri dengan ukuran 0.5 mikron yakni tipe N95 masker. Namun dari segi harga jika kita memakai setiap hari surgical mask jauh lebih ekonomis daripada N95. Oleh karenanya jika kita mendatangai atau memang harus berjalan di tengah polusi yang sangat tinggi, kita perlu merangkap masker kita agar filterisasi berjalan dengan lebih baik.