Kegunaan Regulator Oxygen

Regulator Oxygen
Regulator Oxygen

Perlu diketahui bahwa kita hidup kita butuh oxygen untuk menghidupkan seluruh organ-organ didalam tubuh kita, bahkan aliran darah sekalipun membutuhkan oxygen yang cukup agar dapat mengalir dengan baik. Dalam dunia medis peranan Oxygen sangat dibutuhkan dalam menolong pasien. Setiap pasien yang sakit pasti membutuhkan oxygen untuk menunjang kelangsungan hidupnya.

Oxygen tambahan dalam dunia medis ditampung dalam tabung ukuran 1m3, 2m3 bahkan sampai 6m3. Untuk keperluan pasien biasa menggunakan ukuran 1m3 namun di Rumah Sakit biasanya disediakan ukuran yang lebih besar karena penggunaan yang sangat rutin untuk berbagai macam pasien.

Bagaimana cara mengambil Oxygen dalam tabung agar dapat kita hirup dengan baik? Kita membutuhkan suatu perangkat yang kita namakan Regulator Oxygen. Regulator oxygen inilah yang akan mengatur asupan atau besarnya oxygen yang keluar dalam tabung agar dapat kita hirup dengan baik.

Regulator oxygen dijual ditoko alat kesehatan, anda dapat menemukan beberapa macam tipe dan kualitas regulator oxygen disana. Keawetan pemakaian regulator oxygen sangat tergantung dari cara membuka dan menutup baut regulator. Jika memang tempat atau penutup tabung oxygen sudah aus atau sering bocor segeralah untuk mengganti ujung tabung dengan yang baru. Karena regulator oxygen akan menempel pada ujung tabung tesebut.

Tips memilih regulator oxygen adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah yang sering dijual oleh toko tersebut. Anda dapat survey diberbagai macam toko alat kesehatan jika 3 sampai 5 toko alat kesehatan menjual regulator oxygen dengan merk sama, anda dapat menggunakannya.
  2. Merk yang sering dijual biasanya OneMed, Medical dan Nesco.
  3. Cek keadaan dalamnya. Apakah plastic tempat cairan steril (aqua bides) dalam keadaan baik?
  4. Kalau anda ragu, anda dapat membawa tabung oxygen anda agar dapat dicoba untuk dipasang tanpa cairan aqua bides.

Semoga tips tersebut beguna untuk anda dalam memilih regulator oxygen dan dapat mendapatkan keawetan pemakaian yang cukup lama. Sebagai tambahan perlu diketahui bahwa tabung oxygen sendiri perlu adanya perawatan atau pengukuran kelayakan. Jika sudah tidak layak anda sebaiknya melakukan pengukuran ulang di counter-counter resmi tempat pengisian ulang tabung oxygen.