Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Bawang Hitam

Bawang Hitam merupakan tanaman umbi-umbian yang dikenal mempunyai manfaat dengan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Bawang Hitam memiliki kandungan allicin yang digunakan sebagai obat herbal. Pembuatan Bawang Hitam membutuhkan waktu lama sekitar 80 hari dengan proses fermentasi bawang putih. Namun dalam prakteknya, proses fermentasi dapat dipersingkat menjadi 40 hari. Tentunya cara tersebut akan mendapatkan hasil yang berbeda dengan proses selama 80 hari.

bawang-hitam

Berikut adalah cara Mengolah Bawang Hitam

Pilih bawang putih yang mulus dan segar. Siapkan wajan atau teflon serba guna, beri alas dandang yang berlubang. Susun bawang putih di atas tempat tersebut. Tutup wajan, masak 30-60 menit menggunakan api kecil. Lakukan setiap hari selama 20 hari.

Perubahan akan terlihat setelah 10 hari bawang akan menjadi coklat dan semakin gelap dengan bertambahnya hari. Jika sudah hitam, letakkan bawang di tempat yang kering dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Setelah 20-40 hari bawang sudah dapat dikonsumsi, namun jika ingin menghasilkan khasiat yang maksimal, maka pengolahan dilakukan hingga 80 hari.

Berikut adalah cara Mengkonsumsi Bawang Hitam

Ambil 3-4 siung Bawang Hitam setiap pagi, siang dan malam. Dosis dalam mengkonsumsi Bawang Hitam mengikuti ukuran berat badan, usia dan tingkat keseriusan penyakit individu. Bwang Hitam dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak maksimal 1 bongkol utuh dalam sehari dibagi 3x (pagi, siang, malam). Memperbanyak minum air putih atau tidak kurang dari 10 gelas per hari ketika mengkonsumsi Bawang Hitam dalam jumlah yang banyak.

Bagi mereka yang pertama kali mengkonsumsi Bawang Hitam dan memiliki berbagai macam tingkat penyakit, mereka akan mengalami efek samping seperti pusing atau tegang di bagian leher. Efek samping terjadi mengikuti tingkat penyakit seseorang. Namun tidak semua akan mengalami efek samping. Bagi yang mengalami efek samping, tidak perlu khawatir sebab hal ini akan berhenti setelah beberapa jam.

bawang-hitam

Namun Bawang Hitam tidak baik di konsumsi untuk orang yang memiliki alergi terhadap bawang putih. Selain itu, Bawang Hitam juga tidak baik di konsumsi untuk orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat serta orang yang sedang sakit Migrain.

Ada pun cara menyimpan Bawang Hitam, adalah sebagai berikut :

  • Simpan dalam wadah tertutup
  • Jauhkan dari suhu lembab atau jangan simpan dalam lemari pendingin
  • Jauhka dari sinar matahari secara langsung
  • Sebaiknya simpan pada suhu kamar

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat. Untuk menanyakan info lainnya dan bagaimana mendapatkan Bawang Hitam dapat menghubungi 0813-2588-1399 dan SMS/ Whatsapp 0813-2588-1399