Perlu Anda Ketahui Fakta Tentang Glaukoma

Penyebab Glaukoma harus kita ketahui dengan baik karena Glaukoma dikenal sebagai penyebab mata tidak bisa melihat lagi tanpa ada gejala apapun.

Secara Prinsip Glaukoma disebab karenan kerusakan saraf mata akibat tekanan bola mata yang tinggi. Ada 2 jenis glaukoma yakni, glaukoma primer dan glaukoma sekunder. Hal ini dikatakan oleh dr. Emma Rusmayani, SpM dari Jakarta Eye Center Kedoya.

Glaukoma Primer

Secara dilihat dari penyebab Glaukoma PRimer tidak bisa diketahui, biasanya dikaitkan dengan riwayat genetik atau keturunan. Jadi bagi mereka yang memiliki deretan keluarga yang pernah mengalami gejala kebutaan karena Glaukoma, ada potensi keturunannya mengalami hal serupa. Oleh sebab itu skrining rutin sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya Glaukoma Primer ini.

Glaukoma Sekunder

Glaukoma jenis ini dapat diketahui penyebabnya, karena ada faktor luar yang menyebabkan tekanan bola mata menjadi tinggi. Biasa karena komplikasi penyakit lain, radang didalam bola mata, ingeksi, trauma atau ada tumor. Secara penyebab Glaukoma Sekunder lebih bisa dimasuk akal ketimbang Glaukoma Primer.

Jika seseorang sudah mengalami hilang pengelihatan karena Glaukoma, operasi atau tindakan apapun tidak bisa mengembalikan pengeliatan orang tersebut. dr Emma menyarankan untuk melakukan skrining rutin sedini mungkin untuk melihat potensi adanya Glaukoma pada mata Anda.

Fakta-fakta mengenai Glaukoma bisa dilihat dari gambar berikit ini :

glaukoma pencuri pengelihatan