Pengertian Telinga Berdengung | Tinnitus

Tinnitus adalah suara-suara abnormal yang berasal dari dalam telinga dan terdengar seperti berdengung, siulan atau suara bising. Denging bisa segera hilang dengan sendirinya atau dalam kasus tertentu dapat bertahan lama. Beberapa orang yang mengalami Tinnitus ini dapat benar-benar mengganggu konsentrasi atau menyebabkan masalah tidur bahkan depresi. Telinga berdengung akan semakin jelas terasa ketika berada di tempat hening dan ketika akan tidur.

Pasien yang mengalami tinnitus juga dapat merasakan kondisi hyperacusis, yaitu pendengaran lebih sensitive terhadap volume suara yang sebenarnya normal bagi banyak orang.  Tinnitus dapat dibedakan dengan dua jenis yaitu tinnitus objektif dan tinnitus subjektif. Tinnitus objektif merupakan kondisi telinga berdengung dapat didengar oleh dokter ketika pemeriksaan. Sedangkan tinnitus subjektif merupakan  kondisi telinga berdengung yang hanya bisa didengar oleh penderita sendiri.

bagian bagian telinga

Kondisi tinnitus subjektif dapat dipicu oleh masalah pada telinga luar, tengah atau dalam. Selain itu, masalah pada saraf pendengaran atau bagian otak yang menerjemahkan sinyal suara juga dapat memicu tinnitus subjektif. Namun ada yanglebih langka, yaitu jenis tinnitus objektif ini dipicu oleh masalah pembuluh darah, kondisi tulang telinga dalam atau kontraksi otot.

Jika Anda mengalami telinga berdengung, segera periksakan ke dokter THT agar penyebabnya bisa diketahui atau diobati dan tidak menjadi semakin parah. Demikian informasi yang dapat disampaikan,semoga bermanfaat.