Pengertian Polydactyly

Polydactyly merupakan suatu kondisi yang menggambarkan adanya jari tambahan pada tangan atau pada kaki. Jari-jari tangan dan kaki melebihi dari biasanya ini disebut dengan kondisi bawaan lahir untuk menyatakan duplikasi jari. Kelainan dapat terjadi mulai dari duplikasi yang berupa jaringan lunak hingga duplikasi yang disertai dengan tulang dan koneksi tulang. Polydactyly ini ada yang bentuknya sempurna tetapi ada juga yang dempet dengan jari lainnya. Kondisi kelebihan jari tersebut biasanya terletak di sisi radial (ibu jari), ulnar (kelingking) atau central (di jari tengah).

Polydactyly umumnya berukuran kecil dan berkembang tidak normal, tetapi ada sebagian orang yang memiliki jari tambahannya sempurna seperti jari lainnya. Banyak kasus tampaknya terjadi tanpa sebab yang jelas, sementara beberapa kasus terjadi karena cacat genetic atau adanya sindrom keturunan. Polydactyly paling umum terjadi sejak lahir dan terjadi sekitar 1 dari setiap 1000 kelahiran.

Kondisi kelebihan jari ini dapat didiagnosa dengan melakukan pemeriksaan fisik menggunakan sinar-x untuk mengidentifikasi setiap keterlibatan tulang jari. Untuk pengobatannya sendiri dapat dilakukan dengan cara sederhana dengan pembedahan untuk membuang jari tambahan atau dilakukan dengan cara yang lebih komplek dengan melibatkan tulang, ligament dan tendeon.