Pengertian Herpes

Herpes merupakan infeksi yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada tubuh. Jenis herpes yang paling umum ditemui adalah penyakit herpes kulit dan herpes genatilia. Infeksi ini dapat menyebabkan kulit mengalami luka melepuh, merah, berair dan rasa gatal yang terkadang disertai perih. Infeksi herpes memiliki dua macam jenis, yaitu HSV (herpes simplex virus) dan Herpes Zoster. Kedua jenis ini sama-sama disebabkan oleh virus herpes, namun memiliki gejala yang berbeda.

Herpes Simplex Virus sangat berkaitan dengan masalah daya tahan tubuh, maka harus menjaga daya tahan tubuh agar selalu prima. HSV terdiri dari HSV-1 yang menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas dan HSV-2 biasanya menyerang bagian pinggang ke bawah atau dapat disebut dengan herpes genitalis. Herpes Simplex Virus ditandai dengan ruam dan luka melepuh. Sedangkan Herpes Zoster dapat menyerang pada bagian tubuh tertentu seperti bagian punggung, dahi atau dada. Herpes Zoster ditandai dengan cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok.

Meskipun terkadang tidak terlihat secara langsung, infeksi herpes ini memiliki tanda gejala yang dapat diketahui. Gejala herpes adalah hal yang perlu diwaspadai agar tidak menjadi lebih parah. Biasanya gejala herpes ini akan muncul antara 7-8 hari. Gejala apa saja yang umum dialami oleh penderita herpes, yaitu sebagai berikut :

  • Demam
  • Menggigil
  • Sesak napasSakit perut
  • Nyeri pada persendian
  • Rasa pegal pada satu bagian tubuh
  • Muncul bintik kemerahan pada kulit