Penanganan dan Pengobatan Virus Herpes

Virus herpes biasanya mudah menular pada anak-anak, dikarenakan daya tahan tubuhnya yang masih lemah. Apabila salah satu dari teman mereka yang mengalami infeksi herpes atau baru sembuh dari virus ini, maka anak akan mudah tertular. Hal ini dikarenakan mereka belum bisa membatasi diri untuk tidak berkontak langsung dengan teman mereka yang baru sembuh dari cacar air atau jenis herpes zoster. Bagi penderita herpes ada baiknya menjaga gelembung cairan tidak pecah agar tidak meninggalkan bekas dan menjadi jalan masuk bakteri lainnya.

Penderita herpes dianjurkan untuk tidak mandi, apabila tidak tahan dengan suhu dingin. Hal itu dilakukan untuk menghindari timbulnya shock pada penderita. Pemberian obat minum yang dianjurkan untuk mengurangi keluhan gejala seperti demam dan nyeri, dapat diberikan paracetamol. Selain memberikan obat minum, penderita herpes juga dapat diberikan obat antiviral yang dapat membantu tubuh melawan gejala infeksi tersebut. Obat antiviral yang dapat diberikan adalah acyclovir dan tidak perlu menunggu munculnya gelembung cairan untuk pemberian obat tersebut.

obat antiviral herpes

Kondisi badan yang terinfeksi herpes dapat sembuh lebih cepat apabila daya tahan tubuh kuat. Sehingga penderita tidak perlu gelisah, karena infeksi herpes ini sangat berkaitan dengan daya tahan tubuh. Apabila belum pernah terkena herpes, ada pun cara untuk mencegah infeksi herpes. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah pemberian imunisasi vaksin varisela zoster dengan urutan sebagai berikut :

  • Pada anak sehat usia 1-12 tahun diberikan satu kali vaksin
  • Pada masa pubertas dapat diberikan lagi vaksin untuk memantapkan kekebalan menjadi 60-80 persen
  • Dapat diberikan imunisasi vaksin satu kali lagi pada saat dewasa untuk menyempurnakannya