Mengenal Jenis-Jenis Kursi Roda

Sebagian orang yang sulit untuk bergerak atau berdiri pasti sangat membutuhkan kursi roda untuk menjalani aktivitas sehari-hari, seperti mengalami lumpuh total, mengalami masalah keseimbangan atau gaya berjalan, mengalami patah tulang atau cedera pada tungkai dan kaki, tidak mampu berjalan jarak jauh dan lain sebagainya.

Cara memakainya bisa digerakkan dengan cara didorong oleh orang lain, digerakkan dengan tangan si pemakainya, atau bahkan dengan mesin otomatis. Maka dari itu, kursi roda memiliki beragam jenis. Yuk kita simak mengenai jenis-jenis kursi roda di bawah ini :

Kursi Roda Manual atau Standart Rumah Sakit

Salah satu kursi roda yang dapat digerakkan dengan tangan atau di dorong oleh orang lain yaitu Kursi Roda Standart Rumah sakit. Kursi roda ini sering kali dipakai oleh pasien rumah sakit. Untuk dudukan dan sandaran terbuat dari bahan Oscar/kulit sintesis yang sangat mudah dibersihkan.

Dengan bahan dudukan yang empuk dan kuat sehingga kurssi roda ini dapat mampu menahan berat kapasitas 150kg dan lebar dudukan 46cm. Roda yang digunakan adalah roda ban mati sehingga tidak perlu memompa setiap minggu.

Kursi Roda Elektrik

Kursi roda elektrik berbeda dengan kursi roda manual, sebab dengan sistem pengendali elektronik yang dapat memudahkan mobilitas penggunanya dan pasien tidak perlu mengendalikan kursi roda secara manual.

Bagi pasien yang memiliki kemampuan motoriknya atau yang mengalami masalah pada pernafasan atau jantung lebih di utamakan untuk menggunakan kursi roda elektrik dari pada manual, karena pasien akan tidak mampu mendorong kursi roda sendiri. Kursi roda elektik ini mampu menahan  berat kapasitas 120kg.

Untuk menjalankan kursi roda (maju atau mundur), menghentikan kursi roda yang sedang berjalan, dan mengubah arah kursi roda (belok kiri atau belok kanan) tuas yang terletak pada bagian tangan dapat dimanfaatkan oleh pasien untuk  cara menjalankannya.

Kursi Roda 3 IN 1

Salah satu alat bantu jalan yang dilengkapi dengan tempat buang air serta dapat dijadikan tempat rebahan adalah Kursi Roda 3 IN 1. Dengan bahan yang stainless, jenis kursi roda ini dapat dibersihkan dengan mudah. Pada posisi roda terdapat pegangan yang dapat digunakan oleh pasien untuk mendorong kursi roda sendiri, dikarenakan jenis kursi roda ini memiliki roda ban mati.

jual aneka macam kursi roda murah
kursi roda 3 in 1

Kursi roda 3 IN 1 ini sudah dijadikan satu kemasan, yaitu ember tempat buang air, set dudukan yang dapat dibuka dan set bantalan untuk menompang kepala. Jenis kursi roda ini mampu menahan berat kapasitas 125kg.

Kursi Roda Treavelling

jual aneka macam kursi roda murah
kursi roda travelling

Kursi Roda Travelling ini dirancang khusus untuk membantu para penyandang disabilitas yang gemar bepergian atau travelling. Jenis kursi roda ini dapat digunakan untuk semua kegiatan baik itu indoor maupun outdoor dan bisa juga digunakan oleh segala usia. Kelebihan dari jenis kursi roda ini adalah dapat dilipat dengan mudah, karena memiliki ukuran yang kecil dan sangat ringan. Jenis kursi roda ini mampu menahan berat kapasitas 80kg serta berat kursi roda ini 7,5kg.

Kursi Roda BAB ( Commode Chair)

Alat bantu jalan yang memiliki 2 fungsi disebut dengan Kursi Roda BAB atau dikenal dengan sebutan Commode Chair dapat digunakan sebagai buang air besar serta sebagai kursi roda.

Kursi roda ini dilengkapi dengan pispot dari bahan plastic yang dapat dilepas pasang dengan gerakan sliding. Jika pasien ingin buang air besar maupun kecil, pispot pada alat bantu jalan ini terletak pada bagian bawah bangku dan bangku dapat dibuka, seperti halnya closet duduk. Pada bagian sisi roda terdapat pegangan untuk pasien agar bisa mendorong sendiri dan kursi roda ini memiliki roda ruji. Jenis kursi roda ini dapat menahan berat kapasitas 110kg.

Kursi Roda untuk Olahraga

Para penyandang disabiliitas ( memiliki keterbatasan fisik ) yang gemar olahraga, tidak perlu khawatir karena Indonesia sudah memfasilitasi kebutuhan mereka salah satunya adalah kursi roda untuk olahraga. Agar memudahkan penyandang disablitas dalam menyalurkan hobinya, kursi roda ini dirancang khusus untuk olahhraga.

Basket, tenis, rugby dan balap lintasan adalah contoh jenis olahraga yang menggunakan kursi roda bagi penyandang disabilitas. Bentuk kursi roda harus disesuaikan dengan jenis  olahraga yang ingin dilakukan dan kursi roda ini bersifat manual yaitu penyandang disabilitas akan menjalankannya dengan cara digerakkan oleh tangan pasien. Kursi roda untuk olahraga ini mampu menahan berat kapasitas 100kg dan lebar dudukan 36cm.

Kursi Roda yang dapat Berdiri ( Stand Up Wheelchair )

Agar pasien saat menggunakan kursi roda yang dapat terangkat hingga ke posisi yang lebih tinggi, kursi roda ini memiliki fitur yang unik, karena mempunyai kemampuan yang dapat berdiri, seperti gambar dibawah ini :

Manfaat dari kursi roda ini adalah untuk pasien yang sering kali harus meraih sesuatu di tempat yang tinggi. Sebagai alat latihan atau terapi berdiri, biasanya pasien disarankan menggunakan jenis kursi roda ini. Jika pasien memiliki efek, seperti pegal, linu, oto kaku, iritasi kulit, lemah akibat jarang digunakan dan lain sebagainya yang diakibatkan duduk terlalu lama, jenis kursi roda ini bisa berguna untuk mencegah efek-efek negative tersebut. Jenis kursi roda ini ( Stand Up Wheelcahir ) mampu menahan berat kapasitas 150kg.

Mau Info Lebih Lanjut Tentang Kursi Roda?

Kontak Person WA 0878 3242 2265