Mengatasi Saluran Telinga Kotor

Kotoran telinga dapat dimiliki oleh semua orang, baik itu anak atau pun dewasa. Pada anak-anak sendiri umumnya memiliki kotoran telinga lebih banyak dan dapat berkurang dengan bertumbuhnya usia. Sebagian besar masalah pada saluran telinga yang kotor dapat diatasi sendiri. Namun adanya beberapa gejala yang dapat terjadi dan perhatikan sebelum memutuskan apakah perlu menghubungi dokter atau tidak. Berikut adalah beberapa gejala kotoran telinga yang dianjurkan untuk segera menghubungi dokter, yaitu :

  • Keluarnya darah atau lendir dari dalam saluran telinga.
  • Muncul suara berdengung di dalam telinga atau telinga terasa penuh yang tidak kunjung menghilang.

telinga berdengung

  • Tiba-tiba mengalami pendengaran berkurang.

Mengatasi saluran telinga yang kotor dapat dilakukan di rumah, jika telinga terasa nyeri, keluar cairan yang tidak seperti biasanya, curiga gendang telinga robek, pernah menjalani operasi di daerah telinga, atau jika terpasang selang di telinga. Perlu memperhatikan jika terjadi perubahan apabila ada gejala lain setelah melakukan perawatan telinga sendiri di rumah, misalnya mual atau gangguan keseimbangan dan muncul gejala-gejala akibat tersumbatnya kotoran telinga yang sebelumnya sudah ada menjadi semakin memberat.

Bagaimana cara mengatasi atau melakukan perawatan pada saluran telinga kotor? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari doktersehat.com

tetesan cairan pada telinga

Lunakkan kotoran telinga dengan minyak atau campuran hydrogen peroksida dengan air suam kuku dengan perbandingan yang sama. Beri 2 tetesan cairan atau minyak tersebut ke dalam saluran telinga dua kali sehari selama maksimal 5 hari.

Jika kotoran telinga sudah melunak, untuk mengeluarkannya dari saluran telinga dapat dibilas dengan air hangat atau mandi. Arahkan air ke dalam telinga kemudian miringkan kepala hingga kotoran telinga keluar.

Pilihan kedua dapat menggunakan tetes telinga pelunak kotoran telinga yang dapat dibeli tanpa resep dokter di apotek terdekat. Beri tetesan sesuai dosis kemudian bilas setiap malam selama 1-2 minggu. Pastikan air yang digunakan untuk membilas cukup hangat.