Pengertian Earwax | Kotoran Telinga

Earwax merupakan campuran dari kulit ari, keringat, rambut dan kotoran (seperti sabun, debu atau benda lain) yang bercampur dengan cairan yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar yang berada di dalam saluran telinga. Kotoran telinga ini berfungsi untuk melindungi saluran telinga  dari infeksi. Cairan yang dapat hilang dengan sendirinya tanpa menimbulkan masalah apapun, dapat disebut dengan kotoran telinga normal. Bersamaan dengan terlepasnya lapisan kulit ari yang melapisi saluran telinga, maka Kotoran Telinga akan terbawa keluar.

jenis kotoran telinga

Jenis kotoran telinga bervariasi pada setiap orang, seperti kotoran telinga pada anak biasanya lebih lunak dan berwarna lebih muda daripada kotoran telinga pada orang dewasa. Anak-anak dapat menghasil Kotoran Telinga lebih banyak dan akan semakin berkurang dengan seiring berjalannya usia. Kotoran telinga yang wajar hanya dihasilkan pada bagian luar saluran telinga dan tidak akan menyumbat ke bagian saluran telinga yang lebih dalam, kecuali jika terdorong masuk saat membersihkan telinga.

Earwax yang tersumbat dapat menyebabkan gangguan seperti tinnitus, telinga terasa penuh, atau vertigo. Membersihkan earwax menggunakan cotton bud, jari atau benda lain justru tidak dianjurkan, karena dapat mendorong earwax lebih dalam lagi hingga menempel ke gendang telinga. Sebagian besar masalah yang umum terjadi karena earwax dapat diatasi sendiri. Namun dengan bantuan tenaga medis sangat dianjurkan jika mengalami earwax besar dan keras.

Demikian informasi yang dapat disampaikan tentang pengertian earwax, semoga bermanfaat.