Mencegah Infeksi pada Earwax

Earwax adalah zat yang bercampur dengan cairan yang dihasilkan oleh kelenjar serumen dan berfungsi untuk melindungi saluran telinga luar. Pada umumnya, Earwax dapat keluar sendiri atau membersihkan diri tanpa menimbulkan masalah apapun. Cara yang paling baik untuk mencegah infeksi dan mencegah sumbatan akibat Earwax yaitu dengan membiarkan kotoran telinga bersih sendiri secara alamiah. Cara lain untuk mencegah terjadinya infeksi pada Earwax adalah sebagai berikut :

  • Earwax atau kotoran telinga dapat dijaga agar tetap lunak dengan memberikan obat tetes telinga atau meneteskan 1-2 tetes minyak atau hydrogen peroksida yang dicampur dengan air hangat.
  • Jangan menggunakan cairan pembersih yang tidak dibuat khusus untuk telinga.

membersihkan telinga dengan cotton bud

 

 

  • Pada saat membersihkan saluran telinga, pastikan tidak menggunakan alat seperti cotton bud, jepit rambut atau benda lainnya.
  • Pada saat mandi, dianjurkan saluran telinga tidak kemasukkan air, sabun atau sampo. Karena bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi.
  • Jaga telinga tetap kering, misalnya dengan menutup daun telinga pada saat keramas. Menggerakkan kepala dapat dilakukan untuk mengeluarkan air dari telinga setelah mandi atau berenang. Mengeringkan telinga dengan ujung handuk atau tisu yang dipilin juga dapat dilakukan. Mengeringkan telinga dapat menggunakan hairdryer dengan suhu rendah dan beri jarak beberapa sentimeter dari telinga

Demikian informasi yang dapat disampaikan tentang mencegah infeksi dan mencegah sumbatan akibat earwax, semoga bermanfaat.