Kenapa Pecel Bisa Bikin Gemuk ?

Nasi Pecel adalah kombinasi sayuran yang dicampur dengan bumbu kacang sebagai penyedap dan lauk pauk lainnya yang menyertai nasi pecel seperti GORENGAN, Daging Sapi, Babat, Iso (Jeroan), sate keong, satu usus, telor dadar, telor mata sapi dan lain sebagainya.

Sekarang yang jadi pertanyaan kenapa nasi pecel bisa bikin gemuk?

Nah kalau dilihat dari isinya dari nasi pecel, berisi makanan sehat yang kaya akan serat, sayur mayur sangat bagus dikonsumi untuk mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh. Kaya serat dalam tubuh dapat meningkatkan metabolisme tubuh dimana seperti kita ketahui dengan meningkatnya metabolisme tubuh sistem pencernaan akan menjadi semakin baik.

Penyebab Pecel bikin gemuk

Saya makan pecel tiap hari, tapi kok berat badan saya tidak turun malah naik. Pasti Anda heran dengan kejadian ini. Makannya udah banyak sayuran tapi kok tambah gemuk. Ssayuran sebagai sumber serat sangat dibutuhkan manusia untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

nasi-pecel-kok-bikin-gemuk

Beberapa faktor dibawah ini sangat penting untuk diperhatikan khususnya dalam mengkonsumsi pecel. Orang awam menjadi gemuk ketika mengkonsumi Nasi Pecel karena pernak-pernik lainnya selain sayuran yang membikin kelebihan kalori dan kalori tersebut tidak terpakai untuk aktifitas, sehingga akan diurai oleh tubuh menjadi sel lemak yang akan tersimpan dibawah kulit.

4 hal yang bikin Anda menjadi tambah gemuk pada saat makan Nasi Pecel

  1. Gorengan pada nasi pecel jika dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan asupan kalori berlebih meskipun gorengan tersebut adalah sayuran (bakwan sayur, bakwan jagung, tempe, tahu). Solusinya : hindari gorengan.
  2. Bumbu Kacang. Nasi pecel akan menjadi gurih dan enak untuk dimakan karena ada bumbu pecelnya. Jika kita makan nasi pecel tanpa bumbu akan menjadi terasa tidak enak atau hambar. Namun orang-orang menjadi bukan mencari sehat tapi mencari penyakit dengan cara menambahkan bumbu kacang sebanyak-banyaknya. Solusinya : Gunakan bumbu kacang sewajarnya saja.
  3. Jeroan. Makanan ini jika dikonsumsi berlebihan akan menjadi musuh terjahat yang juga dapat menjadi penyebab tingginya kadar gula, cholesterol dan asam urat dalam darah.  Solusinya : hindari jeroan atau konsumsilah sewajarnya.
  4. Nasi Berlebihan. Hal ini sudah pasti banyak orang tau. Kelebihan karbohidrat akan diolah didalam tubuh menjadi sel lemak. Solusinya : makanlah nasi yang sewajarnya saja.

Menjadi sehat tentunya menjadi idaman dan harapan bagi semua orang. Tetapi jika kita tidak tahu atau kurang wawasan akan nutrisi maka kita akan terperangkap dalam kotak-kotak penyakit. Mengetahui nutrisi yang masuk didalam tubuh akan membuat kita lebih waspada dalam makan. Apa yang masuk didalam tubuh kitalah yang menjadi salah satu kunci utama tumbuhnya berbagai macam penyakit.

Nasi pecel bisa bikin gemuk bukan karena nasi pecelnya yang bikin gemuk, namun cara kita mengkonsumsi nasi pecel itu yang salah. Jika kita memperhatikan 4 hal yang telah diulas diatas, mudah-mudahkan kita akan menjadi semakin sadar dan bijaksana dalam memilih makanan.