Kenapa Anda Disarankan Untuk Melakukan Rapid Test Antigen Daripada Rapid Test Antibodi?

Dalam mendiagnosis virus yang menyerang pernapasan, seperti virus influenza dan respiratory virus (RSV), perlu dilakukan beberapa tes imun. Tes antigen adalah salah satunya, fungsi dari tes ini yaitu mendeteksi adanya infeksi antigen virus yang mnyerang imun kita. Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) memberikan otorasi atas pengguna darurat tes antigen untuk mengidentifikasi SARS-CoV-2.

Rapid Test Antigen biasanya digunakan untuk tempat perawatan darurat, karena waktu hasil test ini dibilang cukup cepat yaitu sekitar 13-20 menit. Dengan hasil yang dapat dilihat dalam waktu cepat, rapid test antigen kurang akurat dalam mendeteksi kadar asam nukleat yang terdapat dalam virus sehimngga perlu dilakukannya test lanjutan yaitu tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Namun rapid test antigen sangat dibutuhkan untuk mengetes orang dalam skala yang besar demi penyaringan yang lebih cepat.

Berikut cara kerja rapid test antigen.

Molekul yang berupa protein, polisakarida, liupid, atau asam urat yang dapat meresppon imun disebut dengan antigen. Sstem kekebalan yang mempengaruhi permukaan antigen berbeda – beda.

Rapid test antigen dapat mendeteksi seseorang terkena virus SARS-CoV-2 dengan hasil terdapat kandungan protein atau glikan yang tinggi dalam darah (WHO). Berbeda dengan test PCR yang menggunakkan genetik dalam mendeteksi virus.

Tahap awal pengecekan infeksi virus SARS-CoV-2 menggunakan rapid test antigen ini, yang selanjutnya menjadi tolak ukur apakah harus menjalani tes lanjutan seperti tes PCR.

Apa sih kelebihan Rapid Test Antigen dengan Rapid Test Antibodi?

Hasil akurasi adalah kelebihan yang utama yang dapat menjadi tolak ukur rapid test antigen. Dibandingkan dengan rapid test antibody hasil rapid test antigen lebih akurat dalam mendeteksi virus SARS-CoV-2 termasuk COVID-19. Namun, test diatas masih kalah dengan test PCR yang memiliki akurasi sangat tepat.

Apa alat yang digunakan untuk melakukan Rapid Test Antigen?

Alat yang bernama Rapid Test ini diciptakan oleh Jackie Ying (Profesor Muslim Singapura) untuk mendeteksi virus COVID-19. Alat ini bekerja dengan mengunakan sampel darah untuk mengetahui virus dalam darah dengan cepat melalui antibodi. Demi pengecekan yang cepat dalam waktu darurat alat ini sangat disarankan, selain itu harganya juga relatif lebih murah.

Biasanya alat ini dijual di toko alat kesehatan maupun apotik berlisensi legal dan hanya orang yang berlisensi saja yang dapat membelinya. Untuk membeli alat Rapid Test yang berkualitas Anda dapat menghubungi toko kami :

DISTRIBUTOR ALKES MARINNO

JALAN K.H. AHMAD DAHLAN NO. 35 SEMARANG

( DEPAN RS. TELOGOREJO )

HUB WA. 08732422265

Email: alkesmarinno@gmail.com