Kasur Decubitus

Kasur Decubitus
Kasur Decubitus

Kasur Decubitus dalam dunia medis sering dikenal sebagai kasur bergelombang dimana isi dari kasur ini bukan seperti kasur biasanya yang diisi dengan pegas, kapuk atau serat sintetis, bahkan sampai bulu angsa agar dapat ditiduri dengan nyaman. Isi dari decubitus adalah udara, anda harus memompa kasur dengan alat pompa agar kasur dapat mengembang dengan maximal.

Kasur decubitus biasa dipakai oleh para pasien yang tidak dapat menggerakan tubuhnya dengan baik atau pasien-pasien yang mengalami stroke dimana tidak memungkinkan bergerak kesamping kanan atau kiri lagi seperti orang normal. Mengapa? Karena pada kasur decubitus memungkinkan adanya sirkulasi udara pada belakang tubuh pasien agar kulit pasien tidak terkena iritasi panas karena tidak dapat menggerakan tubuhnya sendiri.

Penggunaan kasur decubitus bi

asanya diletakan diatas ranjang pribadi atau ranjang pasien yang memiliki crank untuk mengatur tinggi rendah kepala dan kaki. Mengingat pasien tidak dapat bergerak alangkah baiknya jika kasur decubitus diletakan di ranjang pasien.

Kasur decubitus dijual dengan harga terjangkau dan ada 2 tipe. Tipe pompa manual dan tipe pompa electric. Tipe pompa manual hanya menjual kasur saja sedangkan tipe electric kasur akan ditancapkan pada pompa electric dimana jika kasur mulai berkurang anginnya akan memompa secara otomatis.

Perbandingan harga antara kedua tipe cukup mencolok, tipe manual pada kisaran 400rb-500rb sedangkan decubitus electric pump pada kisaran 800rb-1jt-an. Sangat disarankan untuk memilih decubitus electric pump karena kita akan kesulitan untuk memindahkan pasien yang sudah tidur diatasnya dan sebagai bahan pertimbangan pasien yang sudah terkena stroke sampai lumpuh tidak akan dapat bergerak seperti sediakala oleh karenanya kasur decubitus akan dipakai selama pasien menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kasur decubitus dipasaran ada beberapa merk yang sering dipakai yakni merk Apex dan Serenity. Kedua merk tersebut adalah merk decubitus yang sering terjual dipasaran. Pilihlah tipe electric pump untuk memudahkan kita memompa kasur tanpa harus memindahkan pasien yang sudah berbaring diatasnya. Electrick pump memiliki variasi kekuatan daya pompa 1000F dan 2000F semakin tinggi daya pompa semakin besar.