Jual PH Meter Air Jogja

Jual PH Meter Air Jogja – Salah satu zat kekayaan alam yang sangat berharga di muka bumi ini adalah air. Dalam kehidupan manusia, zat yang paling penting untuk mendukung kehidupan sehari – hari adalah air. Hampir seluruh kegiatan yang dilakukan oleh manusia menggunakan air. Contoh, air dapat digunakan untuk memasak, minum, mandi, mencuci serta dapat mendukung kegiatan dengan skala besar ( industi dan pertanian ).

Air ini merupakan sumber daya alam yang tidak akan habis.  Jika tidak ada air atau air ini tercemar, maka semua proses kehidupan tidak dapat berlangsung. Danau, lautan, sungai dan air tanah adalah suatu tempat penampungan air yang mengalami pencemaran dan mengalami perubahan keadaan tersebut diakibatkan oleh aktivitas manusia. Jika air itu tercemar maka air tidak dapat lagi digunakan sebagaimana yang di peruntukannya fungsi air itu bagi kehidupan makhluk hidup.

Untuk mengetahui kondisi air yang ada tercemar atau belum maka aspek –  aspek yang dapat diukur pada air ini berupa aspek kimia, fisika dan biologi. Adapun salah satu aspek kimia pencemar air adalah pH ( Derajat Keasaman Air). PH adalah ukuran derajat keasaman atau kebasaan zat cair atau larutan. 

Jual PH Meter Air Jogja – Khususnya untuk air minum, air yang digunakan harus memenuhi standar kualitas air minum, sehingga air yang digunakan tidak mengandung racun bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah dengan mengukur kadar pH meter air yang dimiliki.

Kadar pH sebenarnya adalah takaran untuk mengukur kadar relatif ion hydrogen bebas dan ion hidroksil di dalam air. Jika level ion hydrogen bebas tinggi, maka air tersebut dikatakan bersifat asam. Sedangkan jika jumlah ion hidroksil bebas lebih banyak, air itu disebut basa atau alkali.

Jadi, pH air minum berguna untuk menentukan tingkat keasaman maupun tingkat alkali air. Untuk menghitungnya, digunakan takaran dengan menggunakan angka dari 1 sampai 14 dengan nilai 7 sebagai titik tengah atau netral. Namun, berdasarkan Badan Pengawas Obat Makan (BPOM) dan Standar Nasional Indonesia (SNI), acuan pH Air Minum Dalam Kemasan (AMKD) bisa disebut alkali jika memiliki pH antara 8,5 hingga 9,97.

Jual PH Meter Air Jogja – Untuk melakukan pengukuran pH secara kasar dapat menggunakan kertas indicator pH dengan mengamati perubahan warna pada level pH yang bervariasi. Akan tetapi Indicator ini mempunyai keterbatasan pada tingkat akurasi pengukuran sehingga dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan pembacaan warna yang disebabkan larutan sampel yang berwarna ataupun keruh.

Pengukuran pH yang lebih akurat biasa dilakukan dengan menggunakan pH meter. Sistem pengukuran pH mempunyai tiga bagian yaitu elektroda pengukuran pH, elektroda referensi, dan alat pengukur impe dan siting. PH meter (pH elektroda) adalah suatu instrument elektronik yang digunakan untuk pengukuran pH (kadar keasaman) suatu larutan (meskipun bisa juga digunakan untuk pengukuran pH unsur semi – solid). Kadar keasaman suatu larutan dikatakan netral apabila bernilai 7.

Jual PH Meter Air Jogja – Alat ukur ini hanya memiliki satu fungsi, akan tetapi dapat digunakan di semua jenis benda. Mulai dari air bersih, air minum, air sungai, air limbah, air hidroponikdan lain sebagainya. Selain itu dapat digunakan dalam mengukur Ph air dan mengetahui tingkat kesuburan tanah. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengukur Ph tanah dalam tingkat kedalaman tertentu hingga kadar sinar matahari, kadar nitrogen, fosfor hingga kalium.

Fungsi dalam ph meter sangat berpengaruh pada jenis ph meter itu sendiri. Karena alat tidak berfungsi jika ph meter jenis air digunakan untuk mengukur Ph tanah dan begitu pula dengan sebaliknya. Ph meter ini sering digunakan di laboratorium, industri air minum, industry pakaian, industry pewarna, farmasi, pertanian dan lain sebagainya. Selain itu alat ini juga dapat digunakan sebagai koleksi pribadi dan keperluan pendidikan.

Jual PH Meter Air Jogja – Adapun Ph meter air adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur Ph pada benda cair / larutan. Untuk phme terterdapat 2 buah jenis, yaitu ph meter laboratorium dan ph meter kantong. Kedua jenis ph meter air ini mempunyai kegunaan / fungsi yang hampir sama. Tetapi, terdapat sedikit perbedaan diantara ph meter air laboratorium dan ph meter air kantong Ph meter air kantong jauh lebih praktis dan fleksibel serta portabel.

Ph meter ini praktis karena dapat dibawa kemanapun dan memiliki ukuran yang tidak begitu besar. Sedangkan untuk tingkat akurasi dalam pengukuran dari ph meter ini cukup terbatas. Untuk ukuran dari ph meter laboratorium jauh lebih besar dari pada ph meter air kantong. Alat ini mempunyai tingkat keakuratan dalam mengukur Ph cukup tinggi. Selain itu tidak hanya dapat digunakan untuk mengukur Ph, tetapi juga dapat digunakan untuk mengukur suhu dan konduktivitas. Pada ph meter laboratorium harus dilakukan kalibrasi terlebih dahulu sebelum digunakan.Tujuannya agar hasilnya jauh lebih akurat.

Untuk Info Lebih Lanjut mengenai PH Meter?

Hubungi WA 087832422265