Jual Gelas Ukur di Semarang

Jual Gelas Ukur di Semarang – Pada umumnya, pengukuran adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari dunia fisika. Pengukuran volume benda adalah salah satu contohnya. Apabila benda yang akan diukur memiliki bentuk beraturan maka kita bisa langsung menghitung volume dengan cara mengkalikan sisinya. Akan tetapi cara tersebut tidak berlaku apabila bendanya tidak beraturan. Adapun cara lain yang dapat digunakan antara lain dengan cara memasukkan benda tersebut ke dalam gelas ukur yang berisi cairan. Untuk mengetahui volume benda tersebut dapat dilihat dari volume cair yang tumpah pada gelas ukur.

Apa itu gelas ukur?

Jual Gelas Ukur di Semarang – Salah satu alat laboratorium yang dapat digunakan untuk mengukur volume cairan adalah gelas ukur. Fungsi dari gelas ukur ini adalah untuk mengukur volume larutan yang akan digunakan. Alat ini tidak boleh dipanaskan, karena gelas ukur ini termasuk dalam alat ukur. Jika gelas ukur ini dipanaskan, maka akan dapat mengakibatkan ketelitian dari alat ini menurun dalam penggunaannya. Dikarenakan gelas ini telah dirancang khusus.

Suatu alat labolatorium yang memiliki fungsi untuk mengukur volume cairan disebut dengan pengukur silinder atau yang biasa kita sebut juga silinder pencampur. Penggunaan gelas ukur pada umumnya menghasilkan ukuran yang lebih akurat dan tepat dibandingkan termos laboratorium ataupun gelas biasa. Akan tetapi penggunaan gelas ukur juga masih kalah akurat dibandingkan dengan gelas volumetrik seperti labu ukur (volumetric flask) ataupun pipet volumetrik. Berdasarkan hal diatas maka dapat disimpulkan bahwa pengukuran volumetrik tidak bisa menggunakan gelas ukur. Namun terkadang gelas ukur ini secara tidak langsung digunakan untuk mengukur volume solid dengan mengukur perpindahan dan kenaikan cairan.

Jual Gelas Ukur di Semarang – Gelas ukur ini memiliki 2 jenis, yaitu gelas ukur plastic dan gelas ukur kaca. Dari kedua jenis tersebut memiliki ukurannya masing – masing. Gelas ukur plastic memiliki berbagai ukuran mulai dari 25ml, 50ml, 100ml, 250ml, 500ml, dan 1000ml. Sedangkan gelas ukur kaca juga memiliki berbgai macam ukuran mulai dari 5 ml, 10 ml, 25 ml, 50 ml, dan 100 ml. Berikut gambarnya :

Gelas Ukur Plastik

Gelas Ukur Kaca

Jual Gelas Ukur di Semarang – Adapun langkah – langkah cara menggunakan gelas ukur, sebagai berikut :

Pertama, Gunakan larutan dan gelas ukur yang sudah anda siapkan

Kedua, Larutan yang ingin digunakan tuangkan ke dalam gelas ukur dengan volume yang anda inginkan. Pembacaan skala pada gelas ukur adalah dengan menggunakan prinsip miniskus cekung, yang berarti pengukuran larutan atau cairan dapat diketahui dengan melihat cekungan yang ada pada skala gelas ukur tersebut. Adapun cara penggunaannya adalah tepatkan cekungan bagian bawah tersebut dengan skala pada gelas ukur.

Ketiga, Tuangkan larutan yang telah sesuai antara miniskus larutan dengan skala gelas ukur ke dalam wadah yang diinginkan setelah volume larutan sesuai dengan yang diinginkan.

Jual Gelas Ukur di Semarang – Selain cara penggunaanya, adapun cara membaca skala gelas ukur, yaitu tempatkan gelas ukur tersebut pada meja yang rata, sehingga pada saat proses pembacaan mata harus sejajar dengan skala pada gelas ukur. Berikut ada 2 hal yang perlu anda perhatikan :

Pertama, untuk mengukur larutan atau cairan umum yang tidak berwarna, yang perlu diperhatikan adalah miniskus cekungnya. Untuk membaca skala, dengan mata sejajar setelah miniskus cekungnya tepat berada pada angka yang anda inginkan.

Kedua, Perhatikan miniskus cembungnya untuk larutan berwarna dan raksa. Jadi dapat disimpulkan untuk mengukur larutan berwarna dan raksa caranya berkebalikan dengan pengukuran larutan pada umumnya, hal ini dilakukan agar memperoleh hasil yang lebih akurat.

Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai gelas ukur ?

Hubungi WA 0878 3242 2265