Batasi Mengkonsumsi Kuning Telur

Mengkonsumsi telur tetap dibatasi apabila Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi. Tidak ada salahnya memasukkan menu telur di dalam menu harian karena kuning telur memiliki berbagai manfaat. Mengkonsumsi telur memang tidak ada larangannya dan disarankan mengkonsumsi secara matang. Sebab memakan telur mentah atau kuning telur yang masih berair dapat menyebabkan keracunan makanan. Cara memasak telur yang sehat adalah dengan merebusnya tanpa menggunakan garam.

menghindari konsumsi kuning telur

Bagi penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung, sebaiknya tidak mengkonsumsi telur lebih dari empat butir per minggu karena kandungan kolesterol dalam kuning telur tidaklah sedikit. Seseorang yang makan tiga atau lebih kuning telur dalam seminggu diduga beresiko memperparah pembentukan plak atau sumbatan dalam arteri. Hal ini dapat dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi kuning telur sebanyak dua butir telur per minggu. Apabila arteri telah tersumbat, aliran darah jadi berkurang dan beresiko terkena serangan jantung atau stroke.

Alasan sebagian orang menghindari mengkonsumsi kuning telur karena adanya kandungan kalori yang tidak sedikit. Berikut adalah kandungan kalori dalam satu butir telur yang perlu diketahui, yaitu :

  • Satu butir telur, rata-rata memiliki kandungan 72 kalori
  • Dalam putih telur terdapat 17 kalori
  • Dalam kuning telur terdapat 55 kalori
  • Kuning telur biasanya terdapat sekitar 180-200 mg kolesterol dan 6 mg lemak