Manfaat Kuning Telur

Telur telah menjadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang, namun tidak sedikit orang pula yang menghindari makanan ini terutama pada bagian kuning telur. Secara umum, kuning telur adalah sebagai sumber kolesterol apabila dikonsumsi secara berlebihan. Meski mengandung kolesterol dan kandungan kalori cukup banyak, kuning telur juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut adalah manfaat kuning telur jika dikonsumsi secara tepat.

Selain memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, gigi, otot dan membantu penyerapan kalsium, kuning telur juga mengandung cukup banyak vitamin A, vitamin E, asam folat, biotin dan kolin.

Kuning telur mengandung lutein yang dipercaya dapat mencegah perkembangan penyakit jantung pada sebuah penelitian.

Kandungan kolin yang terdapat pada kuning telur juga dipercaya mampu mengurangi resiko cacat saraf pada janin, seperti spina bifida.

Selain terdapat kandungan protein di dalam satu butir telur, pada bagian kuningnya juga terdapat lemak sehat omega 3. Omega 3 ini baik untuk kinerja otak dan memori, membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, dan dapat menurunkan resiko penyakit kronis seperti jantung, kanker atau arthritis.

Meskipun kuning telur diketahui memiliki banyak kandungan kolesterol, namun tidak selalu kolesterol tersebut memiliki dampak buruk. Karena di dalam tubuh juga membutuhkan kolesterol yang berguna untuk beberapa fungsi penting.