5 Tips merawat tensi digital dengan Baik

5 tips merawat tensi digital dengan baikTensi adalah suatu alat yang diciptakan untuk mengukur tekanan darah kita. Tekanan darah dihasilkan dari denyut jantung yang memompa sirkulasi darah kita. Tekanan darah normal seseorang biasanya memiliki batas atas 120 dan batas bawah 80. Jika berkisar selisih 10 antara batas atas dan batas bawah masih dikategorikan normal. Tetapi jika sudah selisih diatas 20 seperti contoh 160 – 100, 155 – 95 sudah bisa dikategorikan tinggi. Jika tekanan darah tinggi bisa berakibat stroke. Memantau tekanan darah kita untuk tetap stabil sangat penting agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

Tensi Digital adalah alat pengukur tekanan darah yang sengaja diciptakan untuk memantau tekanan darah dengan “praktis”, berbeda dengan tensi darah manual yang biasa kita lihat di klinik atau rumah sakit. Tensi manual menggunakan alat bantu stetoskop untuk mendengarkan denyut nadi kita pada batas atas dan batas bawah. Lain dengan tensi digital pendengaran menggunakan stetoskop sudah diwakili oleh mesin dimana hasil keakuratan mendekati real dalam arti sesuai dengan tensi darah manual.

Namun ada kalanya tensi digital memberikan hasil yang tidak akurat. Kenapa bisa begitu? Karena biasanya tensi digital tidak dirawat dengan baik. Berikut adalah 5 tips merawat tensi digital dengan baik.

Pantau Baterai

Gantilah batere jika sudah mulai memberikan hasil tidak akurat. Cabutlah batere pada tensi digital jika sudah tidak ingin dipakai dalam jangka waktu lama.

Kelembapan Udara

Simpanlah Tensi Digital pada udara segar. Tidak terlalu panas dan lembab. Manset yang dipasang dilengan memiliki selang berbahan dasar dari karet. Jika disimpan dilemari yang sering terjemur matahari terik atau disimpan pada kelembapan tinggi, bisa merusak karet pada manset. Jika karet rusak atau menjadi lengket akan memberikan hasil tidak akurat.

Jatuh

Tidak sengaja jatuh kelantai masih bisa ditolerir jika terjatuh 1 atau 2 kali saja. Jika sering terjatuh, mesin didalam tensi digital akan rusak. Secara kasat mata tidak rusak tapi pada kenyataannya hasil perhitungan atau kepekaan terhadap denyut jantung menjadi lemah sehingga terkadang memberikan hasil tidak seperti biasanya.

Harga

Belilah tensi digital yang tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal. Spesifikasi atau kecanggihan tensi digital akan mempengaruhi harga. Kisaran harga tensi digital yang bagus antara 500rb-1juta. Memang agak mahal tapi keawetan lebih bagus daripada yang murahan.

Merk

Berbicara merk pasti tidak jauh dari harga. Carilah merk yang memang biasa sudah menjadi pilar tensi digital. Search by Google atau search engine lainnya. Carilah merk tensi digital yang sering dipakai oleh orang.  Belilah tensi digital di toko alat kesehatan, biasanya toko alkes akan menjual tensi digital yang memang tidak sering rewel atau bermasalah. Salah satu merk Tensi digital yang populer dikalangan keluarga adalah Omron. Selain praktis penggunaan juga mudah dibawah kemana-mana.

Demikian 5 tips merawat tensi digital dengan baik. Semoga membantu Anda dalam merawat tensi digital yang Anda miliki. Tensi Digital tidak wajib dimiliki jika Anda selalu menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan lebih penting daripada mengobati penyakit. Tetapi akan sebaliknya jika Anda sudah terlanjur sakit darah tinggi, tensi digital sudah menjadi kewajiban untuk dimiliki oleh Anda.

Keep Healthy and Positive.