Manfaat Cuka Sari Apple Bagi Kesehatan

Mengkonsumsi apel sehari sekali dapat terhindar dari penyakit dan begitu juga mengkonsumsi cuka sari apel. Cuka sari apel adalah jenis cuka yang terbuat dari apel dan memiliki warna kuning yang khas. Pada zaman sekarang, cuka sari apel telah digunakan karena beberapa alasan yaitu untuk membuat acar, membunuh gulma, membuat saus salad dan memberikan beberapa manfaat kesehatan alami.

Cuka sari apel mengandung banyak mineral, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium dan tembaga, bersama dengan vitamin A, B1, B2, B6, D, dan E, bioflavonoid, dan pektin. Selain itu, karena bahan asam asetat yang terkandung dalam cuka sari apel dapat membantu tubuh untuk menyerap mineral penting dari bahan-bahan yang Anda konsumsi. Berikut adalah manfaat kesehatan dari cuka sari apel :

  • Kontrol Kadar Gula Darah

Bagi yang memproduksi insulin, cuka sari apel dapat untuk menangani jumlah kadar gula dalam tubuh. Dengan adanya anti glycemic dari cuka sari apel membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

glukosa darah

Orang yang memiliki resistensi insulin harus memakai takaran setiap kali makan, seperti mencampurkan satu sendok teh cuka sari apel dengan satu gelas air disaring. Minum 3 kali sehari untuk menenangkan pencernaan dalam perut, meningkatkan saat sistem anda harus mendekati gula baru dan menjaga kadar gula darah Anda lebih aman.

  • Memutihkan Gigi

Bagi yang malu karena memiliki gigi kuning, cuka sari apel adalah solusi murah dan mudah untuk memulihkan gigi menjadi putih. Cuka sari apel membantu menghilangkan bintik-bintik dan menghancurkan bakteri dalam mulut dan gusi.

Hal yang harus dilakukan adalah kumur dengan cuka sari apel setiap pagi dan setelah sikat gigi seperti biasanya. Selain itu memakan jeruk juga dapat membantu memutihkan gigi.

  • Mengobati Sembelit

Cuka sari apel mengandung pektin, serat larut air yang memudahkan buang besar. Hal ini membuat pengobatan alami yang sangat baik untuk sembelit.

mengatasi sembelit

Menggabungkan dua sendok makan cuka sari apel dalam segelas air dan minum tiga kali sehari. Selain itu dapat menyertakan apel atau jus anggur untuk campuran.

  • Meningkatkan Berat Badan

Mengkonsumsi secara teratur, cuka sari apel tanpa filter juga dapat meningkatkan berat badan. Cuka sari apel adalah cara terbaik untuk mendapatkan asam asetat.

Studi menemukan bahwa individu kelebihan berat badan yang mengkonsumsi asam asetat setiap hari selama 12 hari dihargai penurunan substansial dalam berat badan, lemak perut, daerah pinggang, dan trigliserida. Asam asetat juga membantu mencegah penumpukan lemak tubuh dan lemak hati tertentu.

  • Memelihara Rambut

Suatu larutan cuka sari apel dan air, dikombinasikan dalam jumlah yang sama, membuat kondisioner rambut alami yang indah. Ini dapat membantu memelihara rambut, membuat rambut tampak berkilau dan memiliki tekstur lembut.

Hal ini juga efektif sebagai obat ketombe. Cuka sari apel menghancurkan jamur yang menyebabkan ketombe dan mengembalikan keseimbangan pH kepala.

Untuk mengobati ketombe, menerapkan 50/50 campuran air dan cuka sari apel untuk kepala, biarkan selama 15 sampai 60 menit dan kemudian bilas. Lakukan beberapa kali dalam seminggu.

  • Memberikan Kulit Bercahaya

Cuka sari apel dapat membantu mengobati noda, mengurangi keriput dan warna kulit. Karena cuka sari apel adalah zat yang sangat baik. Rendam kapas pada cuka sari apel yang sudah dilarutkan dan oleskan pada noda hingga kering. Hal itu dapat membantu menghilangkan noda.

kulit sehat bercahaya

Untuk mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus, rendam kapas pada larutan cuka sari apel. Letakkan pada daerah yang di butuhkan. Hal ini juga dapat  membantu mengencangkan kulit.

Dapat digunakan sebagai toner, dengan mencampurkan setengah cangkir cuka sari apel dengan secangkir air dan terapkan keseluruh wajah. Hal ini biasa digunakan sebagai solusi untuk membantu menjaga keseimbangan pH pada kulit dan mencegah berbagai jenis infeksi kulit.

  • Menurunkan Kolesterol Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat membantu meningkatkan profil lipid darah Anda dengan mengurangi kadar trigliserida dan low-density lipoprotein kolesterol (LDL) atau kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan jumlah high-density lipoprotein kolesterol (HDL) atau kolesterol baik. Hal ini sangat penting untuk menangani atau mencegah komplikasi akibat diabetes.

  • Mengurangi Kram Kaki

Banyak orang mengalami kram kaki pada waktu malam hari. Dengan kandungan cuka sari apel, dapat membantu mengurangi frekuensi, intensitas dan nyeri kram kaki.

mengurangi kram kaki

Ketika kram terjadi, minumlah cuka sari apel yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Hanya dalam beberapa menit, kram dapat berkurang. Selain itu juga dapat menambahkan 2 sendok makan cuka sari apel dengan sedikit madu ke dalam segelas air dan minum perlahan.

  • Melawan Infeksi

Cuka sari apel bersifat antiseptic yang membuat efektif untuk melawan infeksi bakteri dan jamur. Hal ini berguna, seperti dalam mengobati infeksi telinga, infeksi kandung kemih dan jamur .

Untuk infeksi telinga cukup bilas telinga dengan cuka sari apel yang sudah dilarutkan. Untuk infeksi kandung kemih atau jamur, minum segelas air hangat dan satu sendok teh cuka sari apel setiap malam sampai gejala membaik.

Hal tersebut adalah beberapa manfaat dari cuka sari apel. Tentunya masih banyak manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan yang terkandung dalam cuka sari apel.