Tanda-tanda Memiliki Penyakit Ginjal

Ginjal sangat di butuhkan bagi tubuh. Jika adanya kerusakan pada fungsi ginjal maka kesehatan tubuh pun ikut terancam. Dalam kasus ini ginjal berfungsi tidak tepat maka racun tidak akan disaring dan dihilangkan dari darah. Hal ini dapat mengakibatkan rusaknya seluruh organisme.

Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui gejala umum dari kerusakan ginjal dan dapat mencegah gejala lebih lanjut atau komplikasi lainnya.

Salah satu penyebab paling umum dari kerusakan ginjal adalah kadmium, yang merupakan logam berat yang mencemari lingkungan melalui pembakaran limbah, serta melalui minyak. Logam berat ini juga ditemukan dalam pupuk fosfat yang sering digunakan untuk pertumbuhan berbagai jenis tanaman yang dapat di konsumsi secara teratur. Selain itu, perokok, menghirup kadmium langsung ke paru-paru juga dapat merusak fungsi ginjal. Berikut adalah tanda-tanda dari kerusakan ginjal :

  1. Gangguan Kemih

Jika produksi urin terhambat atau berkurang, maka kemungkin memiliki urin pucat atau berbusa. Pada jika malam hari sering buang air kecil lebih dari biasanya, maka memiliki kerusakan pada ginjal. Selain itu, kondisi berikut juga dapat menyebabkan gejala yang sama, seperti urin gelap, kesulitan buang air kecil dan keluar sedikit, nyeri saat kencing atau kencing berdarah

gangguan kemih

  1. Pembengkakan Tubuh Pada Bagian Tertentu

Racun dalam tubuh, jika tidak dihilangkan dengan bantuan ginjal. Hal itu menyebabkan penumpukan atau bengkak di bagian tubuh lain seperti lengan, wajah, kaki, dan pergelangan kaki.

  1. Rasa Sakit Pada Punggung

Gangguan ginjal mungkin sering merasakan sakit di punggung bagian bawah. di satu sisi tubuh pada awalnya, kemudian pada kedua sisi. Biasanya orang merasa lebih intens di sisi di mana mereka tidur

  1. Kulit Kering, Gatal dan Ruam

Jika fungsi ginjal terganggu, maka racun menumpuk dalam darah. Sehingga kulit mudah kering, gatal terus-menerus dan ruam. Masalah kulit ini adalah gejala penting dari rusaknya fungsi ginjal. Sebaiknya segera di obati, beri beberapa salep dan krim atau mengunjungi dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

kulit kering gatal

  1. Kelelahan

Ginjal menghasilkan erythropoietin yaitu suatu hormon yang membantu pembentukan sel darah merah, yang membawa oksigen. Jika berkurangnya jumlah sel darah merah, seseorang mungkin mengalami kelelahan konstan atau kekurangan oksigen dalam sel dan terjadi anemia.

Karena ginjal berfungsi sangat penting bagi seluruh organ tubuh. Untuk mengembalikan fungsi yang tepat, sebaiknya merubah gaya hidup dan pola makan. Mulailah mengkonsumsi makanan sehat. Selain itu, Anda harus minum banyak jus alami, seperti jus tanpa gula, serta teh alami dari cranberry, thistle, dan makanan sehat lainnya.