Manfaat Bahan-Bahan Dapur sebagai Obat Herbal Kolesterol Tinggi

Kolestrol dalam darah yang melampaui kadar normal dinamakan kolestrol tinggi. Penyakit serangan jantung dan stroke biasanya mengintai pada penderita kolestrol.

Untuk membangun sel-sel baru dalam tubuh dibutuhkan kolestrol. Kolestrol dapat menghasilkan asam empedu untuk mencerna lemak. Selain itu, dapat juga membantu tubuh untuk memproduksi Vitamin D dan menghasilkan sejumlah hormon

Akibat factor keturunan, mengkonsumsi makanan yan mengandung kolestrol tinggi dan kurangnya olahraga dapat mengakibatkan kolestrol berlebihan atau kelebihan kolestrol.

Adapun bahan-bahan dapur yang biasa kita pakai sehari-hari dapat membantu menurunkan kolestrol tinggi, antara lain:

Bawang Putih

Bahan obat-obatan herbal yang populer satu ini adalah Bawang putih. Untuk menurunkan kolestrol secara alami biasanya menggunakan bawang putih. Makan 3 sampai 4 siung bawang putih dengan cara mengkonsumsi setiap hari. Bahan yang terkandung di dalam bawang putih adalah zat diuretic yang mengakibatkan dehidrasi dan untuk menghindarinya dengan cara memperbanyak minum air putih.

Seledri

Hipertensi dan kolestrol pada tubuh mampu diturunkan dengan menggunakan seledri secara efektif. Kandungan yang ada di dalam seledri adalah ekstrak heksana yang mampu menurunkan tekanan darah. Didalam seledri terdapat kandungan methanol dan etanol yang dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah. Agar dapat menurunkan tekanan darah, minumlah jus seledri sebanyak 1 gelas.

Biji Ketumbar

Untuk mengendalikan kadar kolestrol dalam darah, didalam biji ketumbar mengandung asam oleat, asam askorbat, asam linoleate, asam stearate dan asam palmitate. Agar dapat membantu menurunkan kolestrol jahat tanpa mempengaruhi kolestrol baik, konsumsilah biji ketumbar.

Berikut langkah-langkah cara mengkonsumsi biji ketumbar, pertama, siapkan bubuk biji ketumbar dengan takaran 2 sendok teh. Kedua, siapkan secangkir air lalu campurkan dan direbus. Ketiga, setelah air mendidih, lalu disaring dan siap untuk diminum. Lakukan cara ini dengan minum 2 kali sehari.

Kunyit

Kunyit berkhasiat mengurangi asam empedu karena mengandung kurkumin (warna kuning pada kunyit). Bagi penderita kolestrol berlebihan, masakan yang mengandung bahan kunyit sangatlah penting, karena pengaruh buruk lemak jenuh dapat ditekankan oleh kunyit.

Sebaiknya campurkan bumbu kunyit kedalam hidangan bersantan, karena dapat mampu menetralkan pengaruh buruk santan.

Cuka Sari Apel

Salah satu obat koletsrol yang ada pada dapur yaitu Cuka sari apel. Jika ingin meningkatkan kolestrol baik atau HDL (High density Lipoprotein), konsumsilah Cuka apel sari.

Cuka sari aple ini mempunyai kandungan serat larut yang dapat menyerap kolestrol jahat dan lemak dalam tubuh dan menambahkan massa yang akan membuat rasa kenyang lebih lama, yang menimbulkan porsi makan dapat berkurang Kolestrol jahat dapat dinetralkan menggunakan sari cuka apel karena kandungan asam amino didalamnya, selain itu asam amino dapat mengeluarkan kolesterol jahat dari dalam tubuh secara otomatis.

Mengkonsumsi sari cuka apel cukup dengan satu sendok teh dan dicampur dengan segelas air putih. Jika digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih, disarankan untuk minum sari cuka apel selama 1 bulan