Kenali Gejala Radang Tenggorkan Dan Cara Penyembuhannya

Pada saat pergantian musim, seringkali timbul penyakit yang menyerang saluran pernafasan. Diantaranya seperti, batuk, pilek, demam dan radang tenggorokan atau faringitis. Radang tenggorokan merupakan penyakit yang muncul karena infeksi tenggorokan atau faring sehingga timbul peradangan. Hampir seratus persen radang tenggorokan dipicu oleh adanya virus.

Radang tenggorokan biasanya diikuti dengan kondisi tubuh mengalami demam atau panas tinggi. Selain akibat bakteri, alergi, aktifitas merokok dan debu, radang tenggorokan juga disebabkan karena infeksi atau pun kuman yang berasal dari makanan yang kurang terjaga kebersihannya.

Agar radang tenggorokan tidak mengganggu aktivitas, sebaiknya dilakukan upaya pencegahan dan penanganan yang serius. Sebelum melakukan penanganan, ada baiknya untuk mengetahui gejala yang biasa dialami oleh para penderita radang tenggorokan, yaitu sebagai berikut :

  1. Terasa sakit pada tenggorokan
  2. Pembengkakan pada amandel dan menjadi merah
  3. Adanya bintik merah kecil lebih dari satu di belakang atap mulut
  4. Sulit untuk menelan
  5. Pembengkakan pada kelenjar getah bening leher
  6. Deman, sakit kepala dan badan terasa lelah

 

Setelah mengetahui gejala-gejalanya, hal ini akan mempermudahkan untuk pengobatan. Selain dapat mengobati dengan memberikan obat kimia, berikut adalah cara sederhana untuk menyembuhkan atau meredakan penyakit radang tenggorokan, yaitu :

Minum Teh

Gantilah sementara minuman-minuman seperti kopi dan aneka minuman kemasan dengan teh hangat. Karena teh hangat dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Jika ingin mendapatkan hasil lebih cepat, dapat menggunakan teh chamomile. Teh jenis chamomile dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan akibat radang. Jika tidak begitu suka dengan minuman teh, dapat menambahkan madu di dalamnya.

Minum Jahe

Jahe memiliki sifat ekspektoran, yang berarti membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan, termasuk lendir ekstra di tenggorokan. Jahe dapat meningkatkan oksigen ke dalam sel-sel, guna membilas racun dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya potong satu inch jahe yang telah di memarkan lalu rebus selama tiga menit. Air rebusan dapat di minum, jika tidak menyukainya dapat mengambil rebusan jahe kemudian dicampurkan dengan minuman teh yang telah di buat sebelumnya.

minuman lemon madu

Minum Madu Dan Lemon

Campuran air hangat dengan madu dan juga lemon bisa menenangkan tenggorokan. Madu jelas sekali memiliki banyak manfaat, seperti sebagai penenang sedangkan lemon berfungsi mengencerkan lendir. Jadi jika mengkombinasikan atau mencampur satu sendok madu dan satu sendok perasan lemon yang dituangkan ke dalam air hangat, maka dapat mengencerkan lendir pada tenggorokan dan dapat menenangkan tenggorokan.

Makan Bawang Putih

Mungkin Anda tidak menyukai ini, bahkan menghindari makan bawang putih jika dimakan mentah. Selain rasanya aneh, bawang putih juga dapat menimbulkan bau mulut tidak sedap. Namun sangat berkasiat sebagai obat alami yang ampuh untuk mengobati radang tenggorokan.

Bawang putih mengandung allicin, yaitu senyawa yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan radang dan melawan kuman yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan. Caranya, iris bawang putih secukupnya lalu gigit dan hisap sari yang keluar dari bawang putih. Hal ini dapat dilakukan sekali dalam sehari.