Jenis Paru-Paru Basah Berdasarkan Penyebabnya

Paru-paru basah merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, jamur dan virus. Penularan infeksi ini dapat terjadi ketika penderita bersin atau batuk yang dapat ditularkan melalui udara. Penularan paru-paru basah atau pneumonia ini memiliki beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit tersebut, diantaranya adalah :

  • Bayi berusia 0-2 tahun
  • Lansia yang memasuki usia diatas 65 tahun
  • Pernah memiliki riwayat penyakit stroke
  • Memiliki daya tahan tubuh lemah
  • Merokok
  • Mempunyai riwayat penyakit seperti asma, diabetes, gagal jantung, cystic fibrosis, HIV dan AIDS
  • Sedang menjalani pengobatan kanker
  • Sedang dirawat di rumah sakit

Penderita paru-paru basah dapat dikelompokkan dalam beberapa hal berdasarkan dengan penyebabnya. Berikut adalah jenis paru-paru basah berdasarkan penyebabnya :

Paru-paru basah bacterial, yaitu jenis paru-paru basah yang disebabkan karena adanya bakteri streprococcus pneumonia, chlamydophlla pneumonia dan legionella pneumophila.

Paru-paru basah viral, yaitu disebabkan oleh virus. Biasanya tdak terlalu serius dan hanya terjadi dalam waktu sebentar dibandingkan paru-paru basah yang diakibatkan oleh bakteri.

Paru-paru basah mycoplasma, yaitu disebabkan oleh organism yang bukan berasal dari virus atau bakteri. Biasanya paru-paru basah jenis ini dialami oleh anak yang sudah beranjak usia remaja.

Paru-paru basah jamur, yaitu jenis paru-paru basah yang disebabkan oleh jamur yang berasal dari tanah. Biasanya menyerang pasien dengan kondisi kronis atau memiliki sistem kekebalan tubuh rendah.

Paru-paru basah nosokomial, yaitu disebabkan ketika di rumah sakit.  Biasanya bakteri yang menginfeksi cenderung sudah kebal dengan antibiotic.

Paru-paru basah komuniti, yaitu jenis paru-paru basah yang didapatkan dari lingkungan sekitar.

Paru-paru basah aspirasi, yaitu jenis yang disebabkan oleh makanan, air, air liur, bahkan asam lambung yang masuk ke dalam msaluran paru-paru. Biasanya terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan mengunyah, gangguan sistem saraf atau dalam pengaruh alkoho.

Paru-paru basah akibat ventilator, yaitu jenis paru-paru basah yang didapatkan setelah menggunakan ventilator.