Bagaimana Cara Mencegah Pneumonia

Pada umumnya penderita pneumonia dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi obat dan gejala akan mereda. Namun setelah pengobatan diberikan, tubuh akan kembali pulih hanya dalam waktu beberapa minggu saja. Pada beberapa kasus tertentu, infeksi paru-paru basah ini dapat datang kembali dan menyebabkan gangguan pernapasan yang kronis. Hal ini tidak perlu dicemaskan karena ada cara untuk mencegah agar infeksi tidak datang menyerang kembali. Berikut adalah tips atau cara untuk perawatan dirumah selama masa pemulihan.

Istirahat yang cukup dapat dilakukan apabila gejala infeksi belum benar-benar sembuh. Jangan kembali beraktivitas normal dulu jika suhu badan masih tinggi. Meskipun kondisi badan merasa lebih baik, sebaiknya jangan terlalu lelah dan memaksakan diri. Hal ini dapat membuat imunitas tubuh kembali lemah dan infeksi paru dapat kembali di kemudian hari.

Cukup mengkonsumsi air mineral untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sehingga dapat mengurangi jumlah lendir atau dahak di dalam paru.

mengkonsumsi obat sesuai anjuran

Mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran yang diberikan. Biasanya dokter akan memberikan antibiotic yang dianjurkan untuk dihabiskan, maka lebih baik habiskan obat tersebut. sebab apabila tidak dihabiskan, bakteri penyebab infeksi dapat kebal terhadap obat yang dikonsumsi.

Dalam banyak kasus, infeksi pneumonia dapat dicegah seperti memberikan vaksinasi pada penderita dan hindari berbagai faktor. Berikut adalah faktor yang dapat dilakukan agar tidak terkena pneumonia :

  • Pastikan anak dibawah 2 tahun mendapatkan vaksin
  • Menerapkan pola hidup bersih
  • Jauhi rokok
  • Melakukan pola hidup sehat, baik mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga rutin