Jarum Insulin dan Cara Suntik Insulin

Sebagian penderita diabetes, biasanya mengendalikan kadar gula darah dengan menggunakan obat-obatan. Namun ada penderita lain untuk mengendalikan kadar gula dengan suntik insulin. Suntik insulin berfungsi untuk mengubah gula darah menjadi glikogen yang disimpan dalam otot. Tanpa insulin yang cukup, kadar gula darah akan tinggi. Hal ini terjadi karena dalam keseharian penderita diabetes sangat tergantung pada suntik insulin.

Bagi penderita diabetes yang sudah ketergantungan dengan suntik insulin, maka tubuh sudah tidak dapat memproduksi insulin sendiri akibat kelainan atau kerusakan pada kelenjar pangkreas. Cara menyuntik insulin harus dikuasai oleh penderita tipe ini, agar dapat mengendalikan kadar gula darah. Hal ini juga dapat berkonsultasi dengan dokter, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Ada beberapa bagian tubuh yang dapat dilakukan penyuntikkan insulin, yaitu seperti perut, lengan atas, paha dan pantat. Tempat penyuntikkan bisa saja berpindah-pindah meskipun terdapat variasi dalam kecepatan absorpsi obat. Selain membutuhkan pena insulin, dalam penyuntikkan juga memerlukan jarum insulin. Jarum insulin memiliki berbagai macam ukuran yang dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan pada penderita diabetes dalam melakukan rutinitas suntik insulin, sehingga hasil pengobatan pun menjadi lebih baik.

jarum insulin 4mm

jarum insulin 5mm

jarum insulin 8mm

Ada pun cara suntik insulin yang seharusnya dikuasai dengan baik oleh penderita diabetes yang sudah tergantung suntik insulin. Cara penyuntikkannya adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan pena insulin siap digunakan dan siapkan jarum insulin
  2. Lepas penutup pada pena insulin
  3. Buka kertas pembungkus pada jarum insulin dan pasangkan pada pena insulin
  4. Putar jarum insulin dengan kencang dan rapat
  5. Lepas penutup luar jarum dan hilangkan udara yang terdapat dalam pena
  6. Putar tombol penentu dosis pada dosis yang dibutuhkan
  7. Pilih lokasi penyuntikkan seperti di perut. Cubit kulit perut, segera suntik insulin dengan sudut 90 derajat dan lepas cubitan
  8. Gunakan ibu jari untuk menekan tombol dosis sampai berhenti. Biarkan jarum 5-10 detik untuk mencegah insulin keluar dari tempat penyuntikkan
  9. Tarik jarum perlahan. Jika ada darah keluar, segera di usap dengan kapas atau tissu. Sebaiknya tempat bekas penyuntikkan jangan di tekan-tekan

Untuk mendapatkan Jarum BD Insulin bisa langsung datang ke Alkes Marinno bagi yang berada di Kota Semarang atau hubungi (024)8415963, yang berada di luar kota hubungi 085106805111 atau add pin 28d70474 untuk menanyakan ongkos kirim dan lainnya. Demikian informasi yang dapat dibagikan, semoga bermanfaat yaa.