Gejala Umum Munculnya Infeksi TORCH

Infeksi TORCH merupakan singkatan dari toxoplasma, rubella, cytomegalovirus (CMV) dan herpes simplex virus. Infeksi ini dapat menimbulkan berbagai kecacatan lahir, keguguran hingga kematian janin di dalam kandungan. Gejala umum atau beberapa tanda munculnya infeksi TORCH adalah berikut penjelasannya :

  • Toxoplasma

Merupakan infeksi yang terjadi bukan karena menular kepada pasangan, tetapi infeksi ini menular pada keturunan. Contohnya memiliki anak pertama dan anak kedua sehat, namun anak ketiga mengalami epilepsy dan autism. Hal ini sesungguhnya apabila dilakukan tes laboratorium, maka anak pertama atau anak kedua sesungguhnya turut terinfeksi.

  • Rubella

Merupakan infeksi yang menyebabkan adanya ruam yang membuat perih atau kemerahan, orang sering menyebutnya dengan campak Jerman. Pada infeksi rubella yang terjadi pada Ibu hamil tidak akan mengalami keguguran atau bayi meninggal saat lahir. Namun kasus yang sering terjadi adalah bayi yang dilahirkan mengalami glukoma atau kebutaan, kerusakan pada otak atau pengapuran pada otak, bibir sumbing, dan tunarungu atau sulit berbicara.

  • Cytomegalovirus (CMV)

Merupakan virus keluarga atau virus umum yang dapat menginfeksi siapa saja. Ibu hamil dengan kondisi CMV dapat mengalami keguguran terus menerus atau bayi yang dikandungnya akan lahir dalam keadaan cacat fisik, seperti hidrosepalus, pembesaran atau pengecilan kepala, lahir dengan usus keluar, tubuh transparan, dan kaki atau tangan menjadi bengkok.

  • Herpes

Merupakan infeksi yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada tubuh, pada slat genital atau alat kelamin. Seseorang yang menderita herpes akan merasa kesakitan dan tubuh akan terasa panas. Bagi wanita hamil dengan kondisi ini akan sering mengalami keguguran atau bayi dapat lahir dalam keadaan cacat.

Infeksi TORCH dapat menyebabkan rusaknya vertilitas pada Ibu hamil. Sel telur ataupun inti sel pada Ibu hamil akan dirusak oleh virus tersebut sehingga sel telur mengecil dan tidak dapat dibuahi. Penyebab lainnya yang dapat dialami Ibu hamil yaitu terbentuknya mioma, penyumbatan atau pelengketan sehingga mengakibatkan sulit hamil. Infeksi TORCH juga dapat menyerang pada saraf otak, mata dan gerak.