Cegah Anak Bergigi Kuning

Semua orang pasti menginginkan gigi sehat, putih dan bersih, namun bagaimana jika warnanya berubah jadi kuning. Perlu di ketahui beberapa penyebab yang sering terjadi membuat gigi anak berwarna kuning.

Untuk mengatasi gigi kuning, sebelumnya perlu mengetahui penyebabnya. Penyebab yang paling sering terjadi dan kerap dilakukan adalah factor makanan atau minuman. Untuk penyebab lain yang mungkin terjadinya kerusakan gigi adalah fluorosis (anak yang terlalu banyak mengkonsumsi fluoride).

pastagigi

Fluoride adalah salah satu senyawa yang menjadi bahan pembuatan pasta gigi. Senyawa fluoride ini adalah suatu garam fluoride yang banyak tersedia di alam seperti sodium fluoride, calcium fluoride, mahnesium fluoride, ammonium fluoride dan masih banyak lagi. Senyawa ini disinyalir kebanyakan ahli fungsi untuk membuat gigi menjadi lebih kuat. Namun demikian fluoride dilarang keras untuk dikonsumsi atau di makan langsung. Selain itu fluoride juga dapat merusak sel-sel pada gigi yang membentuk enamel. Untuk itu perlu mengenal pasta gigi pada anak. Sebelum usia 5 tahun sebaiknya berikan pasti gigi bebas fluoride.

Ada beberapa antibiotik yang dapat menghancurkan sel-sel tertentu untuk tumbuh kembang gigi. Selain dari obat, gigi mungkin mengalami kerusakan baik dari luar maupun saraf dalam. Jika si kecil mengalami hal ini, ada baiknya langsung kunjungi dokter, supaya dokter bisa menangani dan memastikan gigi dalam keadaan baik.

Makanan yang memiliki sifat warna akan menyebabkan perubahan warna seperti soda dan minuman kemasan menjadi penyebabnya. Kandungan gula juga dapat mengubah warna gigi menjadi kuning.

gosok gigi

Untuk mencegah perubahan warna pada gigi, himbaukan anak berkumur dengan air setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat mengubah warna gigi. Salah satu kunci untuk mengatasi gigi anak berwarna kuning adalah menjaga kebersihan. Biasakan anak untuk menyikat gigi dua kali sehari. Karena plak dan sisa makanan pada gigi sangat memungkinkan membuat gigi berubah warna menjadi kuning.

Itulah cara mencegah anak bergigi kuning beserta faktor penyebabnya, semoga bermanfaat dan tunggu artikel lainnya..