Bagaimana Mengetahui Keaslian Kartu BPJS Kesehatan

Besarnya potensi keuntungan yang bisa diambil dari sektor kesehatan memicu munculnya berbagai kejahatan. Setelah kasus peredaran vaksin palsu di Bekasi dan Jakarta. Kini kabar mengenai keberadaan kartu BPJS Kesehatan palsu datang dari Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

kartu peserta berlaku

 

Dilansir sejumlah media, bahwa kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ditemukan di Kecamatan Padalarang. Kepalsuan kartu BPJS diketahui setelah pemilik tidak diterima berobat di RSUD Cibabat, Kota Cimahi. Padahal, pembuatan kartu miliknya ditawarkan secara massal di desanya.

Untuk membuat kartu BPJS itu warga membayar Rp 100 ribu per orang dan kartu itu berlaku selama dua tahun. Tetapi pada saat digunakan ternyata kartu jaminan tersebut tidak dapat digunakan karena tidak terdaftar sebagai peserta BPJS.

Pembuatan kartu BPJS tersebut adalah program subsidi dari Dompet Duafa bagi warga miskin. Pembuatannya dibantu oleh sukarelawan kesehatan Desa Kertajaya sekitar delapan bulan lalu. Uang pendaftaran dikumpulkan dari bendahara desa. Setiap RW rata-rata mendaftarkan 10 orang, semuanya ada 23 RW di Desa Kertajaya. Artinya ada 230 warga desa yang kemungkinan mendapatkan kartu BPJS palsu.

Direktur utama rumah sakit Cibabat, menyatakan kartu palsu tersebut mempunyai tampilan serupa dengan kartu BPJS asli. Namun system tidak dapat membaca nomor dan barcode pada kartu palsu itu dan kasus ini baru pertama kali terjadi di RS Cibabat.

Bukan hanya di rumah sakit, ada warga setempat juga ditolak ketika akan berobat di Puskesmas. Pihak puskesmas beralasan warga yang bersangkutan tidak terdaftar sebagai peserta.

bpjsk unduhan

Untuk pemilik kartu BPJS kesehatan yang meragukan mengenai keaslian kartunya dapat mengecek lewat aplikasi BPJSK unduhan. Kartu BPJS kesehatan palsu tidak teridentifikasi dalam master file BPJS kesehatan karena nama peserta dan nomor kartu akan berbeda sehingga tidak bisa digunakan. Untuk pengurusan kartu dan permintaan informasi di usahakan tidak melalui calo atau dapat menghubungi kantor BPJS kesehatan terdekat.

 

kartu bpjs kesehatan

sumber gambar : www.bpjs-kesehatan.go.id

kartu standar dan e-id

 

Bagaimana cara mengetahui keaslian kartu BPJS Kesehatan? Berikut adalah cara mudah untuk mengetahui keaslian kartu tersebut :

  • Kartu BPJS asli memiliki gambar pulau Indonesia, sedangkan kartu palsu tidak memilikinya atau polos.
  • Dibalik kartu asli tertera tiga peraturan pemakaian penggunaan kartu BPJS. Sedangkan untuk kartu palsu memiliki delapan peraturan.
  • Hasil cetakan kartu asli jelas, sedangkan kartu palsu nampak asal-asalan.
  • Barcode pada kartu palsu terlihat tidak beraturan.

Demikian artikel yang bisa di sampaikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya.