Amankah Mandi Menggunakan Loofah

Pernah dengar istilah Loofah? Di Indonesia lebih dikenal dengan nama oyong yang dikeringkan. Loofah adalah menjadi salah satu alat mandi favorit yang dipercaya dapat mengangkat seluruh kotoran juga kuman membandel pada tubuh. Serat kering berwarna keemasan ini bentuknya bermacam-macam, mulai dari sikat, sandal hingga spon. Loofah sangat di gemari oleh kaum wanita, terutama bagi pengguna yang mandi menggunakan sabun cair.

spon loofah

Jika sebelumnya, mungkin Anda mengetahui bahwa loofah berfungsi untuk mengangkat sel mati. Namun belum lama ini ahli dermatologist mengungkapkan bahwa loofah justru bisa membahayakan.

Menurut dermatologist Melissa Piliang MD mengatakan, bahwa loofah berpotensi menumbuhkan bakteri jahat yang berbahaya. Karena pada sudut celah loofah yang sangat berpori. Ketika loofah digunakan untuk menggosok sel kulit mati, justru pada celah loofah dapat membuat bakteri terjebak dan akan berkembangbiak di dalamnya.

Dijelaskan bahwa loofah mampu mengendapkan jamur yang menyebabkan infeksi pada kulit. Selain itu, menggantung loofah di kamar mandi yang memiliki suhu lembab dan basah akan membuat bakteri senang tinggal di dalam pori-pori loofah. Itulah yang menyebabkan mengapa penting untuk memastikan loofah tetap bersih dan selalu menggantinya. Sebaiknya memilih loofah yang lembut, saran Melissa Piliang

bakteri infeksi staph

Setiap kali loofah menjadi basah dan tidak kering, bakteri yang menempel di loofah kembali tersebar pada tubuh. Jika imun kurang baik, bakteri dapat menyebabkan hal-hal menakutkan seperti infeksi staph. Infeksi staph adalah adanya penyakit akibat infeksi langsung karena produksi racun oleh bakteri. Penyakit yang disebabkan bakteri dapat menyerang kedalam tubuh memasuki aliran darah, sendi, tulang, paru-paru atau jantung sehingga dapat menyebabkan kematian. Hal ini bisa lebih buruk jika pengguna memiliki luka terbuka dan menggunakan loofah tersebut.

Agar tetap aman, ada baiknya tinggalkan loofah dekat jendela yang terbuka agar ada aliran udara atau bilas loofah dan biarkan menggantung sampai kering. Jika loofah berubah warna atau berbau, segera ganti dengan yang baru. Diluar itu semua, sebaiknya tidak menggunakan loofah baik dalam bentuk apapun. Untuk perawatan kulit, sebaiknya gunakan bahan yang lembut tidak seperti loofah. Jika ingin mendapatkan tubuh bersih, cukup gunakan busa lembut saat mandi karena dengan busa itu sudah cukup membuat tubuh bersih.