Cara Mudah Mengatasi Sariawan

Sariawan adalah luka terbuka yang terbentuk pada jaringan lunak di dalam mulut, seperti pada dinding pipi bagian dalam, gusi, lidah dan bibir. Sariawan biasanya berbentuk bulat dan berwarna putih dengan lingkaran kemerahan di sekitar area sariawan. Seringkali muncul tiba-tiba dengan rasa perih yang tak terhindarkan dan membuat tidak bisa menikmati makanan.

Menurut dokter gigi di Virginia Utara, sariawan biasanya dipicu karena gigitan kecil yang melukai dinding pipi bagian dalam atau iritasi mulut, kurangnya vitamin dan bisa juga karena alergi makanan. U.S National Library of Medicine menambahkan, bahwa penyebab terjadinya sariawan karena di sebabkan oleh perubahan hormonal, kekebalan tubuh melemah dan memiliki dua kromosom X yang lebih sering dialami oleh wanita di banding pria.

Selain menggunakan obat kimia untuk menghilangkan sariawan, berikut adalah cara mudah untuk mengatasi sariawan :

  • Menghindari Makanan Asam dan Manis

Makanan dengan rasa asam dapat membuat iritasi sariawan lebih lama, yang menyebabkan sensansi terbakar dan memperlambat proses penyembuhan. Karena bakteri dalam mulut dapat mengubah gula menjadi asam, maka selain memperpanjang sariawan hal ini juga penyebab utama kerusakan pada gigi

makanan asam manis

  • Mengganti Pasta Gigi

Menurut Mayo Cllinic, bahwa pasta gigi dan obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) dapat memicu sariawan. Sodium Lauryl Sulfate adalah zat yang dapat membuat busa pada produk pasta gigi dan obat kumur. Sebaiknya mengganti pasta gigi yang tidak mengandung SLS

  • Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu metode yang sering dianjurkan oleh dokter gigi. Karena air garam berfungsi sebagai membersihkan dan mengeringkan luka. Selain membantu proses penyembuhan, hal ini juga bisa menghentikan rasa sakit sementara. Namun, berkumur dengan air garam akan terasa perih pada luka di awalnya kemudian tidak merasakan lagi. Cukup dengan mencampurkan satu sendok teh garam kedalam segelas kecil berisi air.

  • Berkumur Dengan Baking Soda

Baking soda dapat membantu menetralkan asam pada mulut yang terkena iritasi. Ketika membersihkan dan meredakan rasa sakit saat bersamaan, gunakan satu sendok teh baking soda dan campur dengan air hangat, kemudian kumur beberapa kali selama beberapa menit.

berkumur

  • Berkumur Dengan Hidrogen peroksida

Menurut Cruthfield, bahwa membilas sariawan dengan hydrogen peroksida dapat membersihkan luka dan mempercepat penyembuhan. Berkumur dengan hydrogen periksoda akan merasakan sakit sesaat hingga semua bagian mulut merasa bersih. Gunakan setengah sendok hydrogen peroksida dengan setengah gelas air.

  • Berkumur Dengan Susu Magnesium

Susu magnesium selain berfungsi sebagai penyembuhan sakit maag dan sembelit, juga dapat mengatasi sariawan. Seperti halnya baking soda, susu magnesium dapat menetralkan rasa asam. Susu magnesium juga dapat membentuk lapisan atas luka yang membantu melindungi dari iritasi sementara. Selain digunakan sebagai obat kumur, bisa juga dioleskan langsung ke sriawan.