Speculum Sims Obgyn dan Vagion Vagina Speculum

Speculum adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memeperluas bagian tubuh yang sempit. Speculum digunakan pada bagian tubuh, seperti hidung dan vagina. Kali ini akan membahas tentang speculum vagina. Speculum vagina digunakan untuk melihat bagian dalam vagina dengan memperlebar lubang vagina seperti melihat bagian portio dan dinding vagina. Terdapat dua jenis speculum yang biasa digunakan pada saat melakukan tindakan pemeriksaan kebidanan, yaitu speculum sims obgyn dan vagion vagina speculum (speculum cocor bebek)

Speculum Sims Obgyn adalah salah satu instrument bedah yang biasa digunakan saat operasi untuk memeriksakan bagian kelamin wanita. Produk Speculum Obgyn ini aman digunakan dan mudah untuk sterilisasi karena terbuat dari bahan stainless steel yang anti karat. Tersedia ukuran L = 33 x 38mm, M = 30 x 33mm, dan S = 27 x 29mm

speculum-sims-obgyn

Setelah menggunakan Speculum Sims Obgyn harus disterilkan dengan proses sterilisasi, caranya adalah sebagai berikut :

  • Rendam speculum di dalam larutan clorin 0,5% selama 10 menit. Larutan clorin juga disebut dengan kaporit (kalsium hipoklorit yang digunakan sebagai densifektan)
  • Setelah direndam, bersihkan dengan menggunakan air bersih mengalir
  • Keringkan speculum menggunakan kain atau handuk bersih
  • Rebus speculum pada air mendidih dan biarkan sampai 20 menit

Sedangkan Vagion Vagina Speculum adalah alat untuk membuka vaina atau serviks uteri (leher rahim), sebagai alat bantu untuk mengetahui perobekan pada serviks uteri. Selain itu juga dapat memudahkan untuk pengambilan lendir pada pemeriksaan kanker serviks.  Vagion memiliki bahan plastic yang hanya digunakan sekali pakai. Vagina Speculum ini biasa disebut dengan cocor bebek karena bentuknya menyerupai paruh bebek. Tersedia ukuran S = 75 x 20mm, M = 95 x 35mm, dan L = 115 x 35mm

vagion vagina speculum

Ada pun cara menggunakan Vagion Vagina Speculum adalah sebagai berikut :

  1. Pegang speculum pad bagian tangkainya, buka kunci baut speculum
  2. Masukkan paruh speculum ke dalam vagina dalam keadaan tertutup dan miring
  3. Putar speculum, buka speculum bagian paruh
  4. Kunci baut speculum dengan paten dan pemeriksaan siap dilakukan
  5. Setelah pemeriksaan usai, buka kembali kunci baut speculum
  6. Keluarkan speculum dengan posisi miring
  7. Buang speculum pada sampah medis yang sudah di siapkan, karena Vagion hanya digunakan sekali pakai

Untuk mendapatkan Speculum Sims Obgyn dan Vagion Vagina Speculum dapat mengunjungi Alkes Marinno di Jalan KH Ahmad Dahlan No.35 Kota Semarang atau hubungi (024) 8415963. Bagi Anda yang berada di luar kota hubungi 085106805111 atau add pin 28d70474 untuk menanyakan info lainnya. Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.