Penyebab dan Pertolongan Pertama Terjadinya Mimisan Pada Anak

Mimisan pada anak biasanya terjadi karena iritasi pada selaput lendir hidung yang disebabkan oleh polusi udara yang kurang baik atau dari asap kendaraan bermotor. Anak-anak merupakan usia dengan keadaan selaput lendir yang masih tipis dan sangat mudah robek.

Selain itu, trauma adalah salah satu penyebab terjadinya mimisan pada anak. Contohnya, ketika anak sedang bermain atau mengorek hidung terlalu dalam sehingga terjadinya benturan pada hidung yang mengakibatkan robekan pada selaput lendir hidung. Hal lain yang dapat menyebabkan anak mimisan adalah pada saat menggunakan pendingin udara AC yang sangat dingin dalam satu ruangan.

udara-ac-sangat-dingin-menyebabkan-mimisan

Tentunya masih ada factor lain yang menyebabkan anak mimisan, seperti mengkonsumsi obat dari golongan steroid. Steroid merupakan obat untuk melegakan hidung tersumbat pada anak. Namun jika anak merasa tidak cocok, maka dapat mengalami mimisan. Hal ini segera mungkin untuk konsultasi dengan dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Pada kondisi tertentu, mimisan pada anak disebabkan karena adanya infeksi, seperti vestibulitas dan sinusitis. Vestibulitas adalah proses radang di sekitar selubung akar rambut pada daerah depan rongga hidung. Sinusitis adalah terjadinya radang pada area rongga kanan dan kiri atas hidung. Ada hal lain yang perlu di kawatirkan adalah ketika anak mimisan yang disebabkan terjadinya infeksi pada daerah sistematik , karena itu merupakan gejala awal dari demam berdarah.

Apa yang dilakukan pertama kali pada saat anak mengalami mimisan ?  Apabila hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya jangan panik dan berikut adalah pertolongan pertama yang biasa dilakukan jika terjadi mimisan pada anak.

  1. Jangan Mengangkat Kepala

Sebisa mungkin untuk tidak menyuruh anak untuk mengangkat kepala, ketika menolong anak yang sedang mimisan. Karena hal ini akan mengakibatkan darah yang mengalir akan kembali ke dalam hidung. Sebaiknya posisi kepala tegak adalah posisi yang paling tepat.

daun-sirih-hambat-mimisan-pada-anak

  1. Daun Sirih

Mengobati mimisan dengan daun sirih adalah cara tradisional yang biasa masyarakat lakukan. Karena daun sirih dapat menghambat atau berhentinya darah yang keluar dalam hidung. Dengan cara mencuci bersih satu lembar daun sirih, kemudian gulung daun sirih tersebut lalu masukkan ke dalam lubang hidung selama 15 – 20 menit kepada anak yang sedang mimisan.

  1. Es Batu

Es batu dapat meredakan mimisan pada saat situasi mendesak. Karena esa batu akan membantu untuk mengecilkan pembuluh darah dan biasanya perdarahan pada hidung mimisan akan berhenti. Dengan cara membungkus es batu dengan kain bersih, kemudian tempelkan pada daerah sekitar hidung dan kening anak mimisan.

Jika dalam waktu lebih dari sehari anak yang sedang mimisan tidak juga kunjung sembuh, maka sebaiknya segera membawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.