Penanganan Serta Pencegahan Nyeri Pada Bahu Dan Leher

Rasa nyeri pada bahu dan leher memang membuat kita tidak nyaman, bahkan dapat menghambat aktifitas. Apa bila Anda mengalami tanda dan gejala nyeri pada bahu dan leher terasa semakin memburuk, maka harus segera mencari pertolongan medis.

nyeri pada bahu dan leher

Biasanya dokter akan mendiaknosa dengan anamnesis atau tehnik pemeriksaan yang dilakukan lewat suatu percakapan untuk mendapatkan data tentang kondisi pasien. Namun ada juga dokter membutuhkan pemeriksaan tambahan penunjang sesuai dengan gejala yang dicurigainya, seperti rontgen, ECG, periksa darah, CT scan dan MRI.

Ada pun penanganan dan pencegahan nyeri pada bahu dan leher yang dapat dilakukan sendiri, yaitu sebagai berikut :

  • Penanganan pertama, usahakan mengistirahatkan sisi yang sakit dari pergerakan dan beban selama 2 sampai 3 hari. Kemudian dimulai dengan pergerakan melatih kembali sisi yang sakit tadi.
  • Kompres bahu dan leher menggunakan es. Biasanya dengan dibungkus kain atau handuk, kemudia letakkan pada bagian yang terasa sakit selama 15-30 menit setiap jamnya hingga rasa sakit mereda. Usahakan jangan menggunakan air panas.
  • Jika nyeri pada bahu dan leher disertai dengan bengkak. Ada baiknya posisi tangan lebih tinggi dari level jantung, misalnya dengan menggunakan bantal saat Anda berbaring.nyeri disertai bengkak pada bahu
  • Penanganan terakhir, dapat meminum obat anti nyeri dan anti inflamasi yang dijual bebas seperti paracetamol dan ibuprofen.

Untuk pencegahan nyeri pada bahu dan leher, sebaiknya berhati-hati dalam beraktifitas dan bekerja untuk mencegah cedera. Tidur dengan menggunakan posisi bantal yang baik agar mengurangi resiko “salah tidur”. Selain itu, melatih kekuatan otot di sekitar bahu dan leher akan memperkecil kemungkinan terkena cedera akibat gerakan pada saat beraktifitas. Pastikan kenali batas kemampuan Anda, jangan lakukan aktifitas yang dapat mencederai Anda. Dan dapat juga memakai pengaman ekstra saat bekerja atau berolahraga.

Itulah cara penanganan nyeri pada bahu dan leher yang dapat dilakukan sendiri, serta pencegahan terjadinya nyeri pada bahu dan leher. Baca juga artikel sebelumnya tentang Penyebab Nyeri Pada Bahu Dan Leher