Memotong Kuku Secara Teratur Bermanfaat Bagi Kesehatan

Memotong kuku merupakan kegiatan yang biasa dilakukan semua orang, namun terkadang ada sebagain orang membiarkan kuku tetap panjang. Terutama pada kaum hawa tidak jarang memanjangkan kuku tangan agar terlihat menarik. Perlu dikatehui bahwa, memotong kuku juga dapat memberi manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat memotong kuku bagi kesehatan.

  • Menghindari kuku tumbuh kedalam.

Kuku dapat tumbuh masuk kedalam terjadi karena tidak teratur dalam memotong kuku. Ketika kuku sudah mulai panjang dan membuat ukuran kuku semakin besar, hal ini dapat menembus kulit yang menimbulkan rasa sakit pada sekitar kuku. Tidak hanya rasa sakit yang dirasakan, kuku yang tumbuh kedalam juga dapat menyebabkan pembengkakan dan infeksi.

kuku tumbuh kedalam

  • Mengurangi infeksi bakteri

Memotong kuku secara teratur, tentunya dapat mengurangi infeksi bakteri yang terdapat didalam kuku. Bakteri yang muncul pada kuku disebabkan karena kuku lembab dan tidak ada sirkulasi udara yang masuk. Hal ini biasa terjadi bagi orang yang sering memakai kaos kaki atau sepatu.

  • Menjaga kebersihan kuku

Memotong kuku dengan teratur juga bermanfaat dapat membunuh bakteri Tinea. Bakteri Tinea adalah bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya kutu air, ruam merah di kuku dan kuku berwarna kuning. Maka dari itu, sebaiknya memotong kuku dilakukan secara teratur.

  • Mengurangi cedera akibat kuku panjang

Memiliki kuku panjang dapat beresiko terjadinya cedera seperti tercakar atau cedera ketika kuku membentur benda keras. Cedera tersebut dapat menimbulkan rasa sakit dan meninggalkan bekas warna hitam di dalam kuku.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, memotong kuku secara teratur juga dapat mempercantik penampilan. Dengan memiliki kuku ukuran yang pas dan bagus, tentunya membuat nyaman dalam berpenampilan. Maka biasakan untuk memotong kuku secara teratur dan harus diterapkan sejak dini.