Manfaat Akar Bajakah untuk Lambung

Masyarakat Indonesia pada umumnya sering menyepelekan penyakit lambung, padahal penyakit ini sangat mengganggu kegiatan bekerja kita sehari-hari dan lebih parahnya lagi penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Sudah sejak lama obat – obatan baik secara herbal atau medis ditemukan untuk mengobati penyakit lambung, bahkan sampai sekarang obat untuk mengatasi penyakit lambung masih dikembangkan. Baru-baru ini adalah sebuah penelitian akan sebuah produk bernama Madu Hijau dimana terdapat didalamnya terpenoid, steroid, tannin, alkonoid, fenolik, dan saponin yang merupakan kandungan alami dari akar bajakah. Akar bajakah yang dikenal sebagai obat kanker karena kandungan zat antikanker dan antiperadangan didalamnya ternyata memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit lambung.

Dalam kaitannya untuk memperoleh manfaat akar bajakah untuk lambung, akar bajakah yang dikenal sebagai tanaman langka yang berasal dari pedalaman hutan di Kalimantan dan dipercaya masyarakat Dayak sebagai tanaman untuk mengobati berbagai macam penyakit kronis, dipertimbangkan untuk diambil dan diterliti lebih lanjut kandungannya untuk dibuat resep obat mengatasi penyakit lambung.

Akar bajakah jika dikombinasikan dengan ramuan herbal lainnya seperti madu dan beberapa tumbuhan hijau menjadi sangat berkasiat untuk mengatasi dan mengobati berbagai macam penyakit, terbukti dari terobosan produk herbal Madu Hijau di tahun 2020 awal ini.

Beberapa peneliti IPB (Institus Pertanian Bogor) telah melakukan riset untuk mengkaji manfaat akar bajakah untuk lambung pada produk Madu Hijau. Para ahli gizi dan farmasi juga terlibat dalam penelitian yang dilakukan oleh IPB.

Dalam Madu Hijau, terlihat jelas madu berwarna hijau, menurut pemilik produk Ibu Hizrah, warna hijau didapat dari zat hijau daun yang berasal dari puluhan daun herbal seperti daun kelor, daun saga, daun sirih, dan spirulina, dimana dalam hasil penelitian menyebutkan bahwa fungsi dari kandungan tersebut adalah membersihkan racun di dalam lambung, usus, darah, dan liver.

Dari hal ini manfaat akar bajakah untuk lambung telah mendapat pengakuan, tidak hanya itu, Madu Hijau juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit lain selain penyakit lambung.