Makanan yang Perlu Diperhatikan untuk Penderita Diabetes

Asupan makanan sehari-hari sangat perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki penyakit Diabtes. Penyakit Diabter bisa semakin parah jika sembarangan mengkonsumsi makanan dan tidak menerapkan pola makan yang sehat. Agar penderta diabetes bisa hidup sehat, menjaga kestabilan gula darah dengan memilih makanan yang tepat sangat disarankan.

Makanan apa yang baik untuk diabetes?

Kadar gula darah dalam tubuh akan dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah makanan yang mengandung gula akan dialirkan ke dalam darah dan diserap.

Agar kinerja organ-organ dalam tubuh tetap optimal, mestinya gula darah harus terjaga dalam kadar yang seimbang. Dampak yang terjadi pada komplikasi diabetes seperti kerusakan fungsi organ, biasanya ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi atau disebut dengan Diabetes Melitus. Untuk menurunkan kadar gula darah, penderita diabetes perlu memilih makanan yang sehat.

Agar gula darah tidak melonjak tanpa terkendali, penderita diabetes perlu mengurangi makanan yang mengandung manis. Memilih makanan yang memiliki indeks glikemik rendah adalah salah satu kunci untuk penderita diabetes.

Untuk menunjukkan ukuran seberapa cepat makanan yang meningkatkan gula darah dalam tubuh yaitu Indeks Glikemik. Untuk proses menjadi gula di dalam tubuh, makanan dengan indeks glikemik rendah membutuhkan waktu lebih lama. Agar membuat gula darah relative stabil cenderung proses penyerapan lebih lambat.

Adapun makanan yang memiliki indeks glikemik rendah atau makanan penurun gula, yaitu:

Jagung

Untuk penderita diabetes makanan pokok pengganti nasi adalah Jagung. Jagung memiliki nilai glikemik yang rendah.

Dengan nilai jagung yang 46 dan beban glikemik 14 dari total Indeks Glikemik yang 100 gram. Sementara nilai nasi putih yang 29 dan beban glikemik yang 150 gram adalah untuk perbandingan anatara kedua makanan pokok tersebut.

Makanan yang mengandung serat pati resisten akan lebih sulit dicerna oleh tubuh bagi penderita diabetes. Jagung ini dapat membantu mengendalikan gula darah lebih baik karena kaya pati resisten setiap hari, jika penderita mengkonsumsinya dengan rutin.

Ubi Jalar

Manfaat yang baik untuk mengendalikan gula darah adalah Ubi Jalar. Makanan yang memiliki indeks glikemik lebih rendah dari pada kentang adalah Ubi Jalar. Nilai 80 adalah nilai kentang rebus, sedangkan nilai 44 adalah nilai glikemik 1 porsi ubi jalar rebus.

Selain untuk penyakit diabtes, makanan ini banyak mengandung serat anatar lain Vitamin A, Vitamin C dan Kalium. Dengan cara dipanggang, ditumbuk dan direbus penderita bisa menikmatinya.

Gandum Utuh

Salah satu makanan sehat untuk diabetes lainnya adalah biji-bijian utuh (Whole Grain). Gandum utuh (Whole Wheat) merupakan makanan salah satu varian biji-bijian utuh yang banyak difavoritkan untuk diet atau diabetes.

Nilai glikemik rendah dan juga tinggi serat didapatkan dalam makanan Gandum utuh. Makanan ini dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah.

Vitamin dan mineral yang baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi penderita diabetes ada di dalam kandungan Gndum utuh. Adapun jenis biji-bijian utuh selain gandum utuh, antara lain Beras Merah, Beras Hitam, Quinoa dan Barley (jelai).