Kenali Tanda Jantung Tidak Bekerja Normal

Selain menjaga pola makan, olahraga rutin dan menjaga kesehatan, sangat penting untuk mengetahui gejala penyakit jantung. Kini tidak hanya usia lanjut yang terserang penyakit jantung, namun usia muda pun bisa terkena sakit jantung bahkan sampai serangan jantung.

Ada beberapa tanda yang bisa diketahui mengarah pada jantung bekerja tidak normal. Sebelum berakibat fatal, perlu diketahui gejalanya supaya dapat segera di rawat atau mendapat pengobatan yang tepat. Ada baiknya segera menghubungi dokter jika mengalami gejala tersebut. Berikut adalah tanda-tanda jantung bekerja tidak normal :

nyeri dada

  • Nyeri Dada

Nyeri dada atau rasa sesak adalah salah satu penyakit arteri koroner. Gejala nyeri juga bisa menjalar ke badan, seperti lengan, bahu, punggung, rahang, leher atau tenggorokan. Selain itu, gejalanya tidak beda jauh dengan gejala utama dari penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), dimana ketika terjadinya isi lambung kembali naik ke kerongkongan (esophagus) atau di sebut dengan heartburn.

  • Susah Bernafas

Gejala jantung tidak bekerja normal terjadi karena adanya susah nafas. Seperti jantung berdebar-debar atau palpitasi, pusing, mual, berkeringat, letih dan detak jantung tidak beraturan.

  • Dada Seperti Ditekan

Jika merasakan seperti ada beban yang menekan dada, kemungkinan adanya gejala jantung tidak bekerja dengan normal. Bahkan ketika stress berat atau selesai berolahraga terasa nyeri, hal ini bisa jadi adanya masalah dengan aliran darah pada jantung.

  • Terengah-engah

Ketika baru melakukan aktifitas ringan atau saat sedang berbaring, gambang merasa terengah-engah seperti melakukan lari maraton.  Hal ini bisa jadi munculnya gejala gangguan jantung, bisa juga terjadinya indikasi gangguan katup jantung. Saat badan terasa gampang capek, disebabkan dengan penyumbatan atau masalah katup jantung.

susah tidur

 

  • Rasa Lelah Tanpa Sebab Pasti

Sebagian orang tiba-tiba mengalami rasa capek luar biasa atau gangguan saat tidur, hal ini bisa terjadinya indikasi gangguan jantung. Adanya masalah pencernaan atau diare yang dialami sejumlah orang ketika memiliki gangguan jantung. Selain itu rasa pusing, meriang atau berkeringat tiba-tiba juga bisa jadi adanya indikasi aliran darah yang tidak mencukupi.

Jika Anda mengalami tanda tersebut, sebaiknya segera hubungi dokter terdekat. Supaya dapat segera terdiagnosa dan mendapatkan perawatan yang baik