Fungsi Gunting Episiotomy

Gunting Episiotomy merupakan instrument operasi yang berfungsi untuk menggunting bagian perineum Ibu melahirkan kaku pada saat menolong persalinan. Perineum adalah daerah antara kedua belah paha yang dibatasi oleh vulva dan anus. Tujuan Episiotomy adalah melebarkan jalan lahir, dokter atau bidan akan memberikan anastesi local untuk mengurangi rasa sakit, namun dalam kondisi tertentu episiotomy dilakukan tanpa anastesi.

gunting episiotomy

Panjang Gunting Episiotomy kurang lebih 14cm dan berbahan stainless stell. Bentuk Gunting Episiotomy melengkung keatas sekitar 45 derajat sesuai dengan anatomi perineum pada wanita dan kedua bilahnya tajam.

Gunting Episiotomy dapat digunakan kembali dengan melalui tahap sterilisasi. Setelah menggunakan Gunting Episiotomy sebaiknya segera direndam dalam larutan klorin 0.5% selama 10 menit. Jangan merendam Gunting Episiotomy lebih dari 10 menit, karena dapat merusak gunting dan mengurangi ketajaman gunting. Setelah alat direndam, bersihkan dan sikat alat tersebut dengan sabun dan air bersih. Tahap terakhir, dapat mensterilkan alat dengan merebusnya selama 20-30 menit dalam air mendidih.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat 🙂