Cara Mudah Mengusir Lalat Di Dalam Ruangan

Lalat di kenal sebagai serangga pembawa bakteri atau penyakit, karena lalat berperan sebagai decomposer atau pengurai sampah. Jika terdapat lalat, pasti kita terfikir adanya bangkai atau sampah basah yang menjadi sumber kehidupannya. Jadi coba mencari sumber datangnya lalat, apakah ada tumpukan sampah kotor atau bangkai yang tidak ketahuan. Apabila sudah menemukan, segera lakukan pembersihan total dan mulai menyortir sampah dan kebersihan lainnya.

Sebagai tambahan informasi, lalat dasarnya aktif saat matahari terang dan tisur saat matahari tenggelam. Biasanya mengusir lalat dengan menggunakan semprotan anti serangga berbahan kimia. Namun cara ini dapat meninggalkan racun buat tubuh manusia, jika salah dalam penggunaannya. Selain semprotan serangga, ada juga alat elektronik instan pengusir lalat yang digunakan pada saat tertentu.

Mengusir lalat dengan media tersebut memang cukup praktis penggunaannya, namun ada cara lain yang dapat dilakukan dengan cara alami dan aman. Berikut adalah beberapa cara untuk mengusir lalat di dalam ruangan.

Cengkeh

Aroma wangi dari cengkeh cukup efektif untuk mengusir lalat. Cara yang paling sederhana adalah merendam cengkeh secukupnya pada semangkok air. Kemudian letakkan rendaman cengkeh pada tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Selain dengan merendam cengkeh, ada cara lain agar menghasilkan aroma yang lebih tajam dengan memadukan cengkeh dengan apel. Siapkan satu buah apel yang sudah matang, penuhi seluruh permukaan apel dengan cengkeh. Dengan cara menusukkan bunga cengkeh ke permukaan kulit apel. Letakkan apel yang sudah tertutup cengkeh di atas meja, sehingga lalat enggan untuk mendekat.

daun pandan

Daun Pandan

Aroma wangi pandan juga dapat mengusir lalat. Caranya cukup menyiampkan beberapa helai daun pandan, kemudian iris halus. Masukkan irisan daun pandan pada cawan, letakkan cawan pada tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Lavender

Aroma lavender sangat tidak disukai oleh serangga, sehingga memudahkan untuk mengusir lalat. Cukup dengan menempatkan beberapa tangkai bunga lavender di dalam ruangan, sehingga lalat pun enggan masuk kedalam. Selain dapat mengusir lalat, bunga lavender tentunya akan mempercantik tampilan ruangan Anda