10 Jenis Makanan Yang Dapat Mencegah Resiko Kanker Payudara

Makanan dinilai dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Selain membuat tubuh sehat, makanan juga dapat membantu menghindari resiko penyakit kanker payudara. Belum lama ini tidak hanya kaum wanita dapat terserang kanker payudara, namun kaum pria pun juga dapat terserang kanker payudara.

Terdapat sebuah studi menyimpulkan, bahwa kususnya kaum wanita memiliki resiko 25 persen lebih rendah untuk terhindar dari penyakit kanker payudara berdasarkan konsumsi kalori lemak per hari. Sebagian besar wanita yang telah didiagnosa menderita penyakit kanker payudara rupanya disebabkan karena munculnya estrogen negative.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memicu munculnya resiko kanker payudara, diantaranya dengan menelusuri penyakit turunan genetic dalam keluarga terlebih dahulu. Namun dari gaya hidup juga dapat mempengaruhi resiko munculnya penyakit tersebut.

olahraga teratur

Adapun aktivitas yang dapat menghambat pertumbuhan penyakit kanker payudara, yaitu dengan olahraga yang teratur, menjaga berat badan ideal, menghindari rokok dan tentunya menjaga pola makan.

Para ahli peneliti menemukan, bahwa data lebih dari 800.000 peserta dari 20 ribu kasus kanker payudara, melakukan diet ketat dalam mengkonsumsi minyak ikan rupanya memiliki resiko lebih rendah terkena kanker payudara. Selain mengkonsumsi minyak ikan, berikut adalah jenis makanan yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker payudara.

Tomat

Tomat merupakan sayuran yang tinggi karotenoid, yaitu dapat mengurangi resiko pertumbuhan agresif dari penyakit kanker payudara sebesar 20 persen. Selain tomat, ada juga buah-buahan dan sayuran berwarna merah dan orange mengandung banyak karotenoid. Sehingga ada baiknya untuk mengkonsumsi buah dan sayur tersebut dalam menu Anda

Berry

Berry merupakan buah lezat yang baik bagi tubuh, jadi tidak ada alasan untuk tidak menyukai buah ini. Keluarga berry, terutama strawberry dan raspberry kaya akan asam ellagic. Asam ellagic berguna mencegah kanker kulit, kandung kemih, paru-paru, kerongkongan dan kanker payudara.

fiber

Serat

Fiber diketahui dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara. Hal ini berdasarkan pada studi yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition. Para peneliti menemukan bahwa menambahkan sedikit 10 gram serat untuk makanan sehari-hari terbukti mampu mengurangi risiko kanker payudara hingga tujuh persen.

Biji Rami

Biji rami merupakan sumber vegetarian terbaik karena mengandung minyak omega 3. Kandungan llignan yang tinggi dapat mencegah wanita dalam jangka waktu yang cukup panjang dari resiko estrogen alami tumor. Lignan adalah senyawa pelindung kanker dengan efek phytoestrogenic.

Dengan mengkonsumsi satu sampai dua sendok makan biji rami sehari, mungkin dengan menaburkan di salad, yogurt atau smoothie dapat bekerja dengan baik untuk menghindari terkena penyakit kanker payudara

Delima

Buah delima sangat dianjurkan untuk mencegah kaker payudara. Didalam buah delima mengandung polyphenol-asam ellagic dengan sifat antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan kanker.

Kopi

Kopi mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Menurut sebuah penelitian, meminum kopi setiap hari dapat menurunkan resiko pertumbuhan sel agresif dari kanker payudara

Kunyit

Kunyit dinilai benar-benar mampu melawan penyakit yang tergolong berat. Selain sifat anti inflamasi dan antiseptic, bahan aktif dalam kunyit menunjukkan aktivitas yang menjanjikan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung asam folat, serat dan sejumlah nutrisi lain yang dapat mencegah resiko kanker. Seperti kedelai yang diolah menjadi tahu, mengandung isoflavon sangat berpotensi untuk menekan pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Brokoli

Brokoli dan sayuran Brassica lainnya yang tinggi indole-3-carbinol (I3C), rupanya memiliki sifat antikanker yang kuat. I3C sangat penting untuk mencegah kanker payudara karena dapat menggeser keseimbangan estrogen pada tubuh untuk menekan pertumbuhan tumor.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung banyak allium yang dapat melawan senyawa kanker. Selain bawang putih, kerabatnya (bawang merah dan daun bawang) juga terbukti mampu memperlambat pertumbuhan tumor dan mencegah resiko kanker payudara, antara lain seperti kolorektal dan kanker prostat. Dengan mengkonsumsi sepotong bawang putih setiap pagi, dapat membantu untuk terbebas dari penyakit kanker.