Cara Menggunakan Sensitif Compact

Sensitif Compact merupakan alat tes kehamilan yang dapat mendeteksi adanya Human Chorionic Ganodtrphin pada urin. Alat ini memiliki tingkat kepekaan yang tinggi hingga 25mIU. Sebelum memulai menggunakan Sensitif Compact, sebaiknya periksa alat sebelum lewat masa kadaluarsanya. Biasanya dianjurkan menggunakan air seni pertama setelah bangun pagi, karena adanya konsentrasi hormone hCG yang tinggi pada saat itu.

sensitif compact

Cara menggunakan Sensitif Compact adalah sebagai berikut :

  • Keluarkan alat dari kemasan dan lepaskan tutupnya.
  • Putar alat Sensitif Compact sehingga jendela hasil tes menghadap berlawanan dengan pengguna, hal ini untuk mencegah masuknya air seni kedalam jendela hasil tes.
  • Pegang alat tersebut dan basahkan ujung alat pada bagian resapan pada aliran air seni, ketika membuang air kecil selama minimum 10 detik.
  • Tutup kembali hingga ujung alat Sensitif Compact bagian resapan tertutup.
  • Letakkan alat pada permukaan datar dengan jendela hasil tes menghadap ke atas. Perhatikan pergerakan cairan pada jendela hasil tes. Apabila tidak ada pergerakan, cobalah membasahi lagi bagian resapannya.

Hasil tes akan terlihat dalam waktu 1 menit dan jangan gunakan hasil tes yang telah lebih dari 8 menit sebagai patokan. Pada saat alat Sensitif Compact mulai bekerja, biasanya muncul satu garis pada jendela berbentuk lingkaran (jendela kontrol). Munculnya garis pada jendela kontrol mengartikan bahwa tes bekerja dengan benar, apabila garis muncul pada jendela berbentuk persegi (jendela hasil) maka alat tes telah mendeteksi adanya hormone hCG dan menunjukkan adanya kehamilan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.