Cara Menangani Masalah pada Alat Ukur Freestyle Optium

Freestyle Optium merupakan alat ukur pemantauan keton dan kadar gula darah dalam tubuh. Alat ini dapat digunakan untuk dua type tes strip, yaitu tes strip Glukosa Darah Freestyle Optium dan tes strip β-Ketone Freestyle Optium. Alat ukur gula darah ini bekerja menggunakan daya baterai CR2032 sebanyak dua buah dan terdapat memori untuk menyimpan hasil pengukuran. Alat ukur Freestyle Optium terkadang memiliki kendala, namun dapat ditangani dengan mudah. Berikut adalah cara menangani masalah dan beberapa penyebabnya :

  • Tidak ada yang terjadi pada saat tes strip telah dimasukkan ke dalam lubang strip. Hal ini biasanya disebabkan karena beberapa faktor seperti pada label di bawah ini.

penanganan alat optium

  • Tes tidak berjalan ketika sampel darah sudah diberikan. Biasanya disebabkan karena sampel darah terlalu sedikit atau ketika memberikan sampel darah setelah alat ukur mati. Hal yang harus dilakukan adalah lakukan sesuai dengan petunjuk penggunaan tes strip untuk memberikan ulang sampel darah.
  • Alat tidak bekerja dengan baik, dapat disebabkan karena adanya masalah pada alat ukutr atau tes strip. Menanganinya dengan mengulangi pengukuran dengan menggunakan tes tsrip yang baru.
  • Apabila masalah tidak juga berjalan, dapat menghubungi customer service Fresstyle Optium yang tertera pada kemasan.

Spesifikasi Alat Ukur Freestyle Optium :

Memori max 1000 pengukuran

Range Pengukuran Glukosa 20-500 mg/dL

Range Pengukuran Ketone 0-8 mmol/L

Suhu Penyimpanan -20⁰C hingga 60⁰C

Mati Otomatis dalam 2 menit tidak digunakan