Cara Memilih Penlight yang Baik untuk Tenaga Medis

Penlight adalah senter medis yang digunakan untuk keperluan diagnose dokter pada saat memeriksa pasien. Dalam memilih penlight, umumnya akan mempertimbangkan alasan utama penggunannya. Hal yang biasa dipertimbangkan adalah ukuran, kecerahan, sumber energy, penggunaan dan harga. Ukuran penlight selayaknya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Cukup nyaman untuk digenggam dan diletakkan di saku dengan aman.

Kecerahan penlight yang cukup aman bagi mata pasien saat melakukan pemeriksaan pupil yaitu diantara 20/100/150 lumen. Hal ini bisa dikatakan photobiologically safe atau mendukung keselamatan pasien. Namun untuk kecerahan 1000 lumen ke atas mungkin dapat membantu untuk melakukan tindakan medis seperti sebagai penerangan saat bedah minor. Sumber energy pada penlight mungkin sesuai dengan selera, namun kebanyakan penlight yang nyaman akan memiliki sumber energy dari baterai AAA.

penlight gc kuning

Penggunaan penlight yang umum digunakan oleh dokter pada instalasi gawat darurat yaitu dengan jenis pencahayaan yang mampu menerangi bidang yang lebih luas dibandingkan bidang yang terfokus. Penlight seperti ini umumnya memiliki ujung yang menyerupai stylus. Jika berada di ruang isolasi, penlight tipe disposable lebih disukai, karena tidak akan dibawa kemana-mana dan dibuang setelah masa pakai sudah habis.

Harga mungkin akan menjadi pertimbangan yang cukup menentukan. Pada dasarnya banyak penlight yang direkomendasikan memiliki harga  sekitar USD 40-80. Harga tersebut menjadi jauh lebih mahal jika membeli dari luar negeri, karena ketersediaannya di dalam negeri tidak banyak dibandingkan merk popular di dalam negeri. Pada akhirnya tenaga medis akan memilih penlight yang cukup umum di pasaran dalam negeri. Bahkan tidak sedikit pula menggunakan senter ala kadarnya yang tersedia di fasilitas layanan kesehatan.

Memilih penlight yang baik untuk tenaga medis menjadi pertimbangan yang umum dilakukan untuk mencegah kekeliruan diagnosis, keselamatan pasien dengan pencahayaan yang tidak berlebih dan pencegahan infeksi melalui desinfeksi.