Cara Membaca Hasil Pesan pada Alat Freestyle Optium

Freestyle Optium berfungsi untuk mengetahui hasil pengukuran kadar gula darah dalam tubuh. Alat ini memiliki layar LED yang cukup besar untuk menampilkan hasil. Alat ini juga dapat membaca hasil pengukuran antara 20-500 mg/dL. Selain menampilkan hasil berupa angka, alat Freestyle Optium juga dapat menampilkan hasil pesan seperti LO, HI, E-1 hingga E-9. Pada hasil pesan tersebut memiliki arti berbeda-beda dan beberapa hal yang harus dilakukan, berikut adalah penjelasannya :

  • Hasil LO dapat muncul jika hasilnya lebih rendah daripada 20 mg/dL. Hasil pesan ini berarti gula darah sangat rendah atau ada kemungkinan ada masalah dengan tes strip. Hal yang perlu dilakukan adalah mengulangi pengukuran dengan tes strip yang baru.

hasil low pada alat optium

  • Hasil HI dapat muncul jika hasil pengukuran lebih tinggi daripada 500 mg/dL. Hasil pesan ini berarti gula darah sangat tinggi atau ada kemungkinan ada masalah dengan tes strip. Hal yang perlu dilakukan adalah mengulangi pengukuran dengan tes strip yang baru.
  • Hasil E-1 dapat muncul jika suhu terlalu panas atau terlalu dingin bagi alat ukur untuk dapat bekerja dengan baik. Hal yang harus dilakukan adalah memindahkan alat dan tes strip pada suhu ruangan normal atau diantara suhu 4⁰-30⁰ Celsius. Kemudian ulangi pengukuran dengan tes strip yang baru.
  • Jika hasil E-2 atau E-9 muncul, berarti ada kesalahan pada alat ukur. Hal yang harus dilakukan adalah mematikan alat dan ulangi pengukuran dengan tes strip yang baru.
  • Hasil E-3 dapat muncul jika tetesan darah terlalu sedikit atau ada masalah dengan tes strip. Hal yang harus dilakukan adalah mengulangi pengukuran dengan tes strip yang baru dan liat petunjuk cara penggunaan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.
  • Hasil E-4 dapat muncul jika kadar gula darah terlalu tinggi sehingga sistem tidak dapat membacanya. Hal yang harus dilakukan adalah mengulangi pengukuran dengan tes strip yang baru.
  • Hasil E-5 dapat muncul jika sampel darah terlalu cepat dibubuhkan pada tes strip. Hal yang harus dilakukan adalah mengulangi pengukuran dengan tes strip yang baru dan liat petunjuk cara penggunaan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.
  • Hasil E-6 muncul berarti ada kesalahan pada alat dan jika hasil E-7 muncul berarti pengodean tidak diperlukan atau alat ukur tidak mengenali tes strip karena strip rusak atau sudah terpakai. Hal yang perlu dilakukan adalah melakukan pengukuran ulang sesuai prosedur penggunaan tes strip untuk memastikan bahwa tes strip kompatibel dengan alat.

Demikian informasi yang dapat disampaikan tentang cara membaca hasil pesan pada Alat Freestyle Optium. Apabila hasil pesan tersebut muncul kembali, dapat menghubungi customer care pada kemasan.