Bantuan Moral Untuk Orang Terdekat yang Terkena Kanker

Membicarakan hal seputar kanker memang sangat sensitif, terutama jika dilakukan dengan seorang penderita. Pasti tidak akan ada yang senang jika mendengar kata kanker. Kanker bisa dialami siapa saja dan segala usia, penyebab pasti sejauh ini belum ditemukan karena orang-orang yang menjalankan pola hidup sehat pun bisa mengalami penyakit tersebut.

Pada umumnya, mereka yang terkena kanker akan mengalami perubahan drastis dalam hidupnya, entah pada fisik atau pun mentalnya. Upaya penyembuhan total juga memang tidak mudah. Dikarenakan tidak hanya melalui bantuan medis saja, tetapi melalui bantuan moral dari orang-orang terdekat pun sangat di perlukan oleh penderita.

perubahan pada penderita kanker

Memang sulit memotivasi dan menyemangati mereka yang sedang mengalami kondisi tersebut. Namun, jika orang terdekat Anda mengalami kanker, ada baiknya memberikan bantuan moral yang tepat untuk membuatnya bertahan dan selalu semangat untuk sembuh.

Mengetahui betapa sensitifnya obrolan seputar penyakit kanker untuk para penderita, orang terdekat harus menerapkan strategi yang lebih efektif dan nyaman di hati penderita agar tidak semakin larut dalam kesedihannya. Berikut adalah sejumlah cara yang dapat di terapkan sebagai bantuan moral untuk orang terdekat Anda yang sedang mengalami penyakit kanker.

  1. Menemani penderita ke dokter untuk diperiksa agar dia tidak merasa berjuang sendirian dan merasa diperdulikan.
  2. Menjadi pendengar yang baik, semua keluhannya dan emosinya kepada Anda agar hatinya menjadi lebih lega karena sudah mengeluarkan apa yang dia rasa
  3. Ajak penderita bermain, seperti main kartu, catur atau permainan lainnya yang tidak menguras energy dari fisiknya. Namun bisa membantu dia untuk mengalihkan pikirannya dari kejenuhan dan kecemasan akan penyakitnya.
  4. Cari info di internet soal mereka yang selamat dan berhasil melawan kanker, kemudian bacakan pada penderita seperti dongeng sebelum dia tidur
  5. Saat berbicara gunakan intonasi nada rendah dan suara yang nyaman didengar di telinganya
  6. Ceritakan sebuah lelucon yang Anda yakini dapat membuatnya tertawa memberi hadiah pada penderita
  7. Sesekali berikan penderita hadiah agar dia merasa bahagia dan seolah-olah sedang berulang tahun
  8. Nyanyikan lagu-lagu yang bertema membangun atau lirik lagu yang memotivasikan jiwa penderita agar selalu semangat untuk sembuh
  9. Katakan pada penderita, bahwa Anda akan selalu berada di sampingnya apa pun yang terjadi padanya