Bagaimana Cara Mengobati Mata Kering

Pengobatan mata kering dapat dilakukan untuk mengontrol gejala yang mungkin dapat terjadi berulang seumur hidup. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan obat tetes mata pada saat melakukan rutinitas seperti mengharuskan untuk menggunakan mata dalam jangka waktu lama. Selain menggunakan obat tetes mata, untuk mengobati mata kering dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Mata kering ringan dapat diatasi dengan memberikan pelumas perawatan mata seperti tetes air mata buatan, gel dan salep. Air mata buatan adalah terapi utama bagi keluhan mata kering karena memiliki tekstur yang sangat mirip dengan air mata alami. Jika memiliki masalah mata kering yang cukup kronis, direkomendasikan untuk menggunakan air mata buatan di saat mata merasa tidak ada masalah. Namun hindari air mata buatan dengan bahan pengawet atau yang diolah dengan bahan kimia.

menggunakan obat tetes mata tanpa pengawet

Gunakan obat tetes mata bebas pengawet. Hal ini penting jika dokter telah memberitahukan bahwa pasien mengalami gejala mata kering yang cukup parah. Jika pasien mengalami mata kering akibat penggunaan lensa kontak, maka perlu menggunakan obat tetes mata bebas pengawet atau mengganti larutan pembersih lensa yang bebas pengawet.

Mengobati mata kering menggunakan kacamata baca atau kacamata hitam dapat membantu memperlambat penguapan air mata dari permukaan mata.

menggosok mata terlalu keras

Tidak menggosok mata terlalu keras juga dapat mengatasi mata tidak mudah kering. Pada saat membaca, menulis, mengemudi atau bekerja di depan monitor, usahakan berkedip lebih sering untuk menghindari mata kering. Karena disaat berkedip dapat menyebarkan air mata secara merata ke seluruh permukaan mata.

Hindari kondisi kering. Di dalam ruangan perlu menggunakan alat pemberih udara untuk menyaring debu dan pertikel lainnya untuk mencegah mata kering. Menggunakan humidifier juga dapat membantu menambahkan kelembaban udara.

Minum air dan mencukupi asupan gizi. Mengkonsumsi banyak air mineral akan membantu menjaga selaput lendir pada mata akan tetap lembab. Mengkonsumsi asupan gizi seperti omega 3, biji rami, kenari dan salmon juga dapat menghindari mata kering.